Beranda Tips

Cara Menghapus Akun Twitter secara Permanen Melalui PC dan Smartphone

2
0

Apakah Gadgeteers memiliki akun Twitter tetapi sudah jarang digunakan ? daripada dibiarkan dan mungkin bisa disalah gunakan oleh orang lain mengapa tidak dihapus saja. Lalu Bagaimana cara menghapus akun Twitter yang tidak digunakan.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, pada kesempatan kali ini akan dijelaskan beberapa cara menutup akun Twitter secara permanen melalui PC dan laptop serta  untuk akun Twitter yang lupa password sehingga tidak dapat login dan menghapusnya lewat halaman akun.

Cara Menghapus Akun Twitter Lewat PC

Cara yang pertama ini Gadgeteers menghapus akun Twitter melalui PC atau laptop. cara ini sangat cocok untuk Gadgeteers yang terbiasa menggunakan Twitter di PC / laptop. berikut langkah-langkahnya :

  • Pertama buka browser yang biasa digunakan, lalu buka halaman Twitter.com dan login ke akun Twitter yang akan kita hapus permanen.
  • Berikutnya klik menu selengkapnya lalu klik menu pengaturan dan privasi

Cara menghapus akun Twitter

  • Pada halaman pengaturan pilih akun dan klik  pilih Deactivate my account atau Nonaktifkan akun saya jika tampilan dalam bahasa Indonesia.

  • Pada halaman nonaktifkan akun, Twitter akan memberikan beberapa hal yang perlu Gadgeteers pertimbangkan sebelum benar- benar menghapus akun Twitter. Jika Gadgeteers sudah yakin, maka scroll kebawah hingga  menemukan tombol nonaktifkan atau deactivate.

  • Langkah terakhir sebelum akun benar – benar dihapus, Gadgeteers diminta untuk memasukkan sekali lagi password sebagai konfirmasi bahwa akun benar ingin dihapus. Setelah mengisi password klik tombol delete akun.

Cara Menghapus Akun Twitter Lewat Aplikasi Twitter di Android

Selain menghapus akun Twitter menggunakan PC / laptop, Gadgeteers juga bisa menghapus akun Twitter secara permanen menggunakan aplikasi yang terinstal pada smartphone. Pada tutorial ini kita menggunakan smartphone Android, untuk pengguna iOS seharusnya langkah – langkahnya tidak jauh berbeda.

  • Pertama buka aplikasi Twitter yang ada di smartphone Android.
  • Setelah terbuka, jika Gadgeteers memiliki lebih dari satu akun Twitter di aplikasi, maka pilih dahulu akun yang akan dihapus.
  • Selanjutnya tap ikon foto profil dan pilih pengaturan dan privasi.

  • Maka Gadgeteers akan dibawa ke halaman pengaturan dan privasi, lau tap menu akun.

  • Berikutnya pada halaman menu akun Gadgeteers scroll hingga menemukan menu nonaktifkan akun anda lalu tap menu tersebut.
Topik Hot Lainnya:   Cara Melacak Ponsel Vivo yang Hilang

  • Sama seperti pada PC tadi, Gadgeteers akan diberikan beberapa penjelasan sebelum Gadgeteers memutuskan untuk menghapus akun Twitter. Jika sudah yakin maka tap tombol nonaktifkan pada bagian bawah.
  • Langkah terakhir Gadgeteers akan diminta untuk memasukkan password / kata sandi akun Twitter  sebagai konfirmasi. lalu tap tombol nonaktifkan.

Cara Menghapus Akun Twitter Tanpa Log in

Jika kedua cara yang sudah disebutkan tadi mengharuskan gadgeteers login terlebih dahulu ke akun Twitter yang ingin dihapus, lalu bagaimana jika akun Twitter yang akan dihapus tersebut lupa passwordnya. Gadgeteers masih bisa menghapusnya tanpa harus login, tetapi pastikan Gadgeteers masih ingat akan username atau email yang digunakan. Berikut langkah-langkahnya :

  • Buka browser baik di PC atau smartphone lalu masuk ke halaman Twitter.com
  • Pada kolom login klik menu ‘Forgot Password’
  • Berikutnya masukkan username atau alamat email atau nomor telepon yang terkait pada akun tersebut.
  • Jika Gadgeteers memasukkan username  Twitter dengan benar, maka akan muncul ID Twitter Gadgeteers berikut email yang Gadgeteers jadikan e-mail Log in. klik saja  pilihan Continue untuk melanjutkan.
  • Langkah keempat Gadgeteers harus menghubungi pihak Twitter  melalui menu Still need help? kemudian Gadgeteers akan mengirim  e-mail dengan Customer Service (CS) Twitter.
  • Pada tahapan mengirim e-mail ini  Gadgeteers diharuskan mengirimkan e-mail ke Twitter dengan menyertakan alamat e-mail Gadgeteers. serta bahasa yang digunakan pun sebaiknya berbahasa Inggris, agar pihak Twitter dapat mengerti dan mempermudah proses penutupan akun Twitter.
  • Setelah mengirim e-mail, Gadgeteers tinggal menunggu beberapa hari untuk mendapatkan email balasan dari pihak Twitter untuk menindaklanjuti permintaan Gadgeteers menghapus akun Twitter.

Cara Mengembalikan Akun Twitter yang Sudah Dinonaktifkan

Akun Twitter yang sudah berhasil di hapus, sebenarnya masih diberikan kesempatan oleh pihak Twitter untuk Gadgeteers mengaktifkannya kembali. Namun untuk dapat mengaktifkannya kembali Gadgeteers hanya diberi waktu 30 hari dihitung sejak akun dinyatakan berhasil dinonaktifkan atau dihapus.. Lewat dari 30 hari, maka secara otomatis Twitter akan menghapus akun tersebut selamanya atau permanen.

Jika penonaktifan tersebut dikarenakan kesalahan atau ketidak sengajaan, maka Caranya sangat mudah.Untuk mengaktifkan kembali akun Twitter  bisa dilakukan melalui browser baik menggunakan PC / laptop atau smartphon Selain itu Mengembalikan akun Twitter juga bisa dilakukan melalui aplikasi Twitter yang ada di smartphone. Ikuti langkah – langkahnya berikut ini.

  • Bukalah Web Browser Twitter melalui PC / Laptop. Jika Gadgeteers ingin mengaktifkan lewat ponsel, maka Gadgeteers bisa mengunjungi web browser yang ada di ponsel Gadgeteers. Lalu, Gadgeteers klik di sini. Ingat, Gadgeteers tidak bisa menggunakan aplikasi twitter di HP, jadi untuk mengaktifkannya lewat ponsel kunjungi saja web browser Twitter menggunakan chrome atau mesin pencari lainnya.
  • Setelah Gadgeteers masuk ke dalam web Twitter, maka selanjutnya Gadgeteers hanya perlu untuk log in ke akun Twitter yang sudah yang sudah dinonaktifkan. Lalu  ketikan username dan juga password akun dengan benar. Lalu, Gadgeteers bisa langsung klik “Log in.”
Topik Hot Lainnya:   Tutorial Singkat Cara Mengatasi Google Asistant yang Tidak Berfungsi

Catatn Penting :

Ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum Gadgeteers memutuskan untuk melakukan deactive pada akun Twitter. Tidak perlu khawatir, beberapa hal berikut ini tidak merugikan pengguna twitter. Ketentuan ini bertujuan untuk menjaga privasi Gadgeteers. Berikut beberapa hal yang perlu Gadgeteers ketahui sebelum melakukan deactive akun Twitter.

Twitter akan  memberikan waktu selama 30 hari setelah akun nonaktif. Lebih dari 30 hari, maka Twitter akan langsung melakukan penghapusan akun secara permanen. Jadi, jika Gadgeteers ingin mengembalikan akun Twitter yang sudah di deactive maka Gadgeteers harus segera melakukan reactive pada akun Twitter Gadgeteers.

Gadgeteers hanya perlu melakukan login untuk melakukan reactive akun Twitter. Hal ini sudah dituliskan tutorialnya pada paragraf sebelumnya.

Jika Gadgeteers ingin mengganti username atau email akun Twitter, maka Gadgeteers tidak perlu melakukan deactive. Gadgeteers bisa mengganti username dan email secara langsung tanpa harus menonaktifkan akun terlebih dahulu.

Twitter tidak mengontrol semua konten akun Twitter yang masuk ke dalam Google ataupun Bing. Jadi, Twitter tidak akan bertanggung jawab jika konten akun Twitter (foto, tweet, ataupun username) ada di dalam pencarian Google / Bing.

Biasanya setelah Gadgeteers melakukan deactive kemudian reactive di beberapa hari kemudian, daftar following, followers bahkan terkadang tweets Gadgeteers akan menjadi 0. Jadi, saran Kami biarkan dulu sejenak. Setelah Gadgeteers membiarkannya beberapa jam, maka daftar following, followers, dan juga tweets Gadgeteers akan kembali seperti semula.

Itulah tiga cara menghapus akun Twitter secara permanen melalui PC dan smartphone. Gadgeteers seharusnya tidak perlu melakukan deaktif akun Twitter jika memang masih akan digunakan dikemudian hari, karena ada banyak informasi yang terkadang lebih update di Twitter dibandingkan media sosial lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

8 + 3 =