Beranda Tips

Cara Mengirim dan Menerima Pesan SMS Melalui Facebook Messenger

114
0

Layanan SMS perlahan mulai ditinggalkan, orang lebih sering menggunakan aplikasi pesan instan seperti WhatsApp, Facebook Messenger, LINE, Telegram dan lain sebagainya. Tetapi walau bagaimanapun SMS masih jadi andalan saat tidak ada jaringan internet atau untuk orang – orang yang masih menggunakan feature phone. Tahukah Gadgeteers jika aplikasi Facebook Messenger bisa menerima dan mengirim SMS. Pada artikel ini akan saya jelaskan cara mengirim dan menerima SMS melalui Facebook Messenger. Untuk tarif pengiriman SMS sama seperti tarif SMS biasa.

Cara mengaktifkan fitur SMS pada Facebook Messenger

Sebelum Gadgeteers mengaktifkan fitur SMS ini, pastikan Gadgeteers menggunakan aplikasi Facebook Messenger yang full bukan yang versi Lite, karena untuk versi Lite Gadgeteers tidak akan menemukan fitur ini. Berikut Langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur SMS :

  • Buka aplikasi Facebook Messenger di halaman utama, tap foto profil Gadgeteers
  • Selanjutnya Gadgeteers scroll layar ke bawah, sampai menemukan menu SMS lalu tap.

  • Untuk mengaktifkan fitur SMS, bisa langsung men-tap turn on. Atau bisa juga dengan cara menggeser slider ke arah kanan menjadi aktif, setelah itu, akan muncul dialog box, tekan yes untuk mengganti aplikasi SMS.

  • Jika Gadgeteers belum memasukkan nomor sim card maka wajib di setting dahulu dengan menekan your phone number, setelah itu masukkan nomor ponsel yang digunakan dan ttap OK.

Selain mengatur nomor ponsel, di aplikasi ini juga dapat mengatur settingan SMS lainnya melalui halaman ini. Gadgeteers dapat mengatur tanda khusus pada SMS, notifikasi preview, suara notifikasi, bahkan disini Gadgeteers juga dapat mengatur nomor-nomor yang diblokir sama halnya seperti aplikasi messaging

Cara mengirim SMS melalui Messenger

Setelah fitur SMS aktif, sekarang kita masuk ke cara mengirim SMS. caranya tidaklah berbeda jauh dengan cara mengirimkan SMS seperti biasa. Berikut langkah – langkahnya :

  • Pertama untuk memulai pesan baru Gadgeteers cukup menekan ikon pensil pada Messenger. Selanjutnya cari nama kontak dengan bantuan kolom pencarian. Tap nama kontak yang akan dikirimkan pesan SMS dengan Messenger.
Topik Hot Lainnya:   Tutorial Membersihkan Cache Windows Store di Windows 10

  • Tulis pesan seperti biasa pada kolom yang tersedia dan kirimkan pesan. Akan muncul notifikasi tekan OK.

Untuk membedakan pesan SMS dan pesan dari aplikasi Facebook Messenger Gadgeteers bisa menekan icon SMS pada kolom pencarian di halaman utama Messenger Maka secara otomatis Messenger hanya akan menampilkan pesan SMS saja. Sedangkan untuk mengembalikannya ke posisi semula, Gadgeteers cukup menekan tanda silang (x) pada icon SMS tadi. Dengan demikian, pesan Messenger akan kembali ditampilkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

sixteen − fifteen =