Beranda Tips

Cara Mengoptimalkan Kinerja Smartphone dengan OS Android Oreo

139
0

Meskipun Google telah meluncurkan versi Android 9 atau Pie ke produsen smartphone, namun beberapa tipe smartphone masih menjalankan sistem operasi Android Oreo. Nah daripada nungguin update official yang tak kunjung tiba, lebih baik Gadgeteers mengoptimalkan kinerja dari sistem operasi Android Oreo.

Berikut ini saya akan jelaskan beberapa fitur di Android Oreo yang dapat mengoptimalkan kinerja smartphone Gadgeteers

Autofill Memudahkan Mengisi Formulir

Sering mengisi formulir di smartphone Android, gunakan saja fitur autofill. Pada Android Oreo, kita dapat menyimpan beberapa informasi pribadi, dan mengisi secara otomatis formulir yang serupa dengan data tersebut.

Tapi perlu Gadgeteers tahu, Google biasanya akan terus menyimpan sebagian besar detail info tersebut. Jadi, untuk Gadgeteers yang menggunakan fitur ini, harap berhati-hati. Terutama bagi Gadgeteers yang mengisikan data penting seperti password, rekening bank dan lain-lain.

Smart Text Selection

Fitur Android yang juga sangat membantu saat menggunakan ponsel Android adalah Smart Text Selection. Dengan memanfaatkan Smart Text Selection, maka Gadgeteers dapat dengan cepat mengenali konteks dari apa yang sedang Gadgeteers salin. caranya Gadgeteers cukup mem-block alamat, nomor telepon, alamat email atau nama, maka Android Oreo akan menawarkan sebuah pintasan yang relevan ke telepon, Google Maps, dan sebagainya.

Fitur Free up Space

Fitur satu ini tentunya sangat berguna bagi Gadgeteers yang memiliki ruang penyimpanan yang cukup terbatas. Dengan menggunakan fitur Free up Space ini, maka Gadgeteers bisa mengosongkan ruang penyimpanan yang ada pada smartphone Android dengan sangat mudah.

Ketika mengaktifkan fitur ini, maka sistem akan segera melakukan pemindaian file dan akan menghapus aplikasi yang telah lama tidak digunakan, foto ganda, foto yang telah terbackup dan masih banyak lagi.  Gadgeteers juga bisa memilah mana-mana saja file yang akan dihapus dalam menu tersebut.

Fitur Tunda Pemberitahuan / Snoozed Notification

Tidak ingin diganggu dengan notifikasi ? Gadgeteers bisa memanfaatkan fitur Snoozed Notification yang  di Android Oreo. Fitur tersebut berguna untuk menunda pemberitahuan yang muncul pada ponsel Gadgeteers.

Untuk menggunakan fitur ini , cukup geser notifikasi ke samping tetapi tidak sepenuhnya. Nanti akan muncul ikon jam kecil serta gear yang berguna untuk masuk ke pengaturan dan menonaktifkan notifikasi untuk aplikasi tersebut.

Jika Gadgeteers hanya ingin menunda notifikasi, silahkan pilih saja ikon jam dan selanjutnya tinggal atur berapa lama notifikasi itu bakal tertunda (15 menit, 30 menit, 1 jam bahkan hingga 2 jam).

Background Limit

Fitur Background Limit merupakan fokus utama Google saat meluncurkan Android Oreo guna menghemat daya tahan baterai smartphone.  Fitur Background Limit ini akan membatasi aktivitas aplikasi yang ada di background. Sehingga meminimalkan aktivitas di latar belakang pada aplikasi yang jarang digunakan.

Pembatasan di latar belakang ini mencakup tiga area utama. Yaitu implicit broadcast, background service, dan location update. Bagi pengguna, artinya daya tahan baterai smartphone Android yang menjalankan Android 8.0 Oreo bakal lebih lama dan tidak cepat harus mengisi mengisi daya.

WN

Topik Hot Lainnya:   Inikah Fitur Baru untuk Android Oreo?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

17 − 2 =