Beranda Tips

Kangen BlackBerry? Begini Mengubah Tampilan Android Menjadi BlackBerry

99
0

Mungkin di antara Gadgeteers ada yang kangen dengan smartphone buatan Gadgeteers yang booming di tahun-tahun 2009 sampai 2011-an. Terasa, saat itu ponsel BlackBerry begitu viral dan banyak digunakan oleh hampir setiap kalangan.

Namun sekarang ini fenomena tersebut tergantikan karena munculnya Apple dengan sistem operasinya yakni iOS yang eksklusif dan Google dengan sistem operasinya Android yang sangat terjangkau. Sontak pengguna Android pun meningkat dan mulai meninggalkan BlackBerry. Hal tersebut karena juga bahwa penggunaan Android lebih mudah tidak seperti OS BlackBerry saat itu.

Tidak terasa, BlackBerry pun mencoba bangkit dan menghadirkan perangkat BlackBerry Priv yang berbasis Android tetapi tidak melupakan sentuhan BlackBerry-nya. Nah, bila Gadgeteers kangen dengan sentuhan BlackBery dan ngiler ingin memiliki tampilan BlackBerry Priv pada Android. Tidak ada salahnya mengikuti tips di bawah ini :

Pasang aplikasi Launcher

Sudah tidak asing lagi, bila ingin mengubah tampilan, biasanya pengguna menggunakan aplikasi launcher. Aplikasi tersebut memang akan memakan penyimpanan dan memori. Namun biasanya konstumisasi tampilan akan terlihat lebih sehar dan nyaman bagi sebagian orang. Hal ini pun berlaku bila Gadgeteers ingin menikmati tampilan BlackBerry yang dimiliki oleh Priv.

Pertama unduh dahulu BlackBerry Service pada perangkat Android milik Gadgeteers. Aplikasi tersebut sepertinya memang tidak tersedia di Play Store. Oleh karena itu Gadgeteers dapat mengunduhnya pada tautan ini atau di sini. Oiya, BlackBerry Service ini dapat diunduh bila Gadgeteers menggunakan sistem operasi Android versi 5.0 ke atas.

tampilan-blackberry

Kedua setelah BlackBerry Service terunduh dan sudah di-install. Langsung saja masuk ke Play Store dan cari BlackBerry Launcher. Dengan launcher ini, Gadgeteers akan mendapatkan beberapa tampilan perubahan. Di antaranya adalah on-screen navigation button sehingga terdapat ruang kosong di bawah panel homescreen dan app drawer-nya.

Topik Hot Lainnya:   [REVIEW] Antrian Paspor, Permudah Proses Pembuatan Paspor

Ketiga lebih maksimalkan lagi nuansa Android rasa BlackBerry-nya dengan mengunduh BlackBerry Keyboard. Selain itu, unduh juga beberapa aplikasi yang dibutuhkan. Gadgeteers cari saja, aplikasi apa yang khas BlackBerry dan dapat dipasangkan pada Android. Bisa dicari di sini ya.

blackberry-widget

Nah, ketiga cara tersebut merupakan langkah mudah mengubah tampilan Android menjadi BlackBerry. Adapun beberapa kelebihan yang dimiliki oleh tampilan ini selain tadi adanya on-screen navigation button, Gadgeteers pun dapat merasakan pop-up widget. Pop-up widget akan memunculkan notifikasi pada aplikasi yang mendukung.

Cara mengetahui mana aplikasi yang mendukung untuk pop-up widget ini yakni tinggal lihat saja tiga titik yang berada di bawah aplikasi tersebut. Bila terdapat, maka sudah dapat dipastikan bahwa aplikasi tersebut mendukung pop-up widget. Cara menerapkannya pun tidak sulit, cukup swipe saja lalu tentukan pop-up seperti apa yang diinginkan.

blackberry-shortcut

Selain pop-up widget tadi. Gadgeteers akan merasakan shortcut yang cukup kaya. Shortcut ini akan memudahkan Gadgeteers dalam membuka aplikasi atau menjalankan suatu perintah. Seperti pesan baru BBM, memulai BBM Meeting, menjadwalkan BBM Meeting, memutar playlist dan lain sebagainya.

Bagaimana, tertarik dengan fitur-fitur ini? Langsung saja ikuti cara di atas tadi ya!

via JalanTikus.com, Caktekno.com dan MajalahGadget.com
WN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nineteen − 17 =