Beranda Tips

Cara Menyembunyikan Aplikasi Di Ponsel Oppo Semua Tipe

51
0

Selain terkenal dengan kemampuan kamera selfie, Oppo juga smartphone yang terbilang cukup memperhatikan keamanan dan privasi penggunanya.Hal ini terbukti dari sistem ColorOS yang dikembangkan Oppo, dimana antarmuka ini membawa berbagai macam fitur salah satunya adalah kemampuan menyembunyikan aplikasi yang tidak ingin diakses oleh orang lain saat ponsel dipinjam. Tetapi sayangnya kemampuan ini masih banyak pengguna Oppo yang belum mengetahui cara menggunakannya.berikut ini akan saya berikan tutorial cara menyembunyikan aplikasi di ponsel Oppo.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Oppo Tanpa Aplikasi Tambahan

  • Buka Security Centre, kemudian pilih Privacy Permission, dan pilih Privacy Protection
  • Gadgeteers akan diminta untuk mengisi kata sandi untuk nantinya digunakan saat akan membuka aplikasi yang di hide, kemudian jika telah muncul menu Privacy Protection pilih Private Contacts untuk menyembunyikan daftar kontak, Private Files untuk menyembunyikan file (gambar, video, dan data lainnya), dan Private Applications untuk menyembunyikan aplikasi.
  • Kemudian cari dan aktifkan menu Advance hiding pada menu Privacy Protection. Jika muncul permission klik OK.

Setelah berhasil menyembunyikan aplikasi , sekarang bagaimana cara membuka aplikasi yang telah disembunyikan. berikut langkah – langkah membukanya :

  • Buka Security Centre, kemudian pilih Privacy Permission, lalu ketuk empat kali pada gambar kunci.
  • Setelah itu, Gadgeteers dapat membuka akses file data melalui menu Private Files, Private Applications, atau Private Contact.

Catatan, cara ini digunakan pada Mode Guest, masing-masing tipe mungkin akan berbeda langkahnya.

Cara menyembunyikan aplikasi menggunakan aplikasi launcher

Cara lain yang bisa Gadgeteers lakukan untuk menyembunyikan aplikasi di ponsel Oppo adalah dengan menggunakan launcher. Ada beberapa aplikasi launcher yang menyediakan fitur untuk menyembunyikan aplikasi, pada tutorial ini saya menggunakan aplikasi  Microsoft Launcher. berikut cara menggunakan aplikasi Microsoft Launcher.

Pertama Gadgeteers harus mengunduh dan pasang aplikasi Microsoft Launcher di ponsel Oppo Gadgeteers. unduh gratis di Play Store

Setelah terinstal, saatnya untuk menyembunyikan aplikasi, buka menu utama dan klik ikon titik tiga yang terletak di sudut kanan atas. Pilih Hidden Apps. Ketika sudah masuk ke dalam menu tersebut, klik tombol Hide apps yang berwarna biru.

Langkah terakhir aktifkan menu Hide, caranya pilih aplikasi yang ingin disembunyikan dengan menekan tombol Hide. Untuk menampilkan aplikasi kembali, Gadgeteers tinggal menekan tombol Unhide.

Topik Hot Lainnya:   Cara Unlock Bootloader di Xiaomi Redmi 4 Prime

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 + 3 =