Beranda Tips

Cara Mudah Mengaktifkan Sinyal 4G LTE di Xiaomi Redmi Note 3 Resmi

3250
0

Sekitar bulan November 2016 lalu, Xiaomi menghadirkan Redmi Note 3. Ponsel yang memiliki layar IPS selebar 5,5 inci tersebut tersedia tanpa dilengkapi konektivitas 4G LTE. Tapi, perlu diketahui bahwa sebenarnya fitur itu masih ada dan masih bisa digunakan.

Hanya saja memang fitur 4G LTE dalam Xiaomi Redmi Note 3 tersebut hadir di tanah air dalam keadaan terkunci. Artinya, Gadgeteers tidak dapat menggunakan sinyal tersebut.

Tetapi nyatanya, Gadgeteers sendiri dapat membuka kunci tersebut dan menggunakannya dengan memanfaatkan menu rahasia yang dimiliki Android. Jangan khawatir, walaupun perangkat Xiaomi milik Gadgeteers udah ditingkatkan ke MIUI versi 8, cara ini tetap dapat dipakai. Berikut cara mengaktifkan sinyal 4G LTE di Xiaomi Redmi Note 3:

1. Pastikan Kartu SIM 4G Terpasang di Slot Pertama

Tentunya, sebelum menggunakan sinyal 4G LTE ini, Gadgeteers diharuskan memiliki kartu SIM 4G terlebih dahulu. Tidak hanya itu saja, kartu SIM 4G tersebut harus terpasang di slot SIM card pertama.

2. Nyalakan Airplane Mode dan Longgarkan Kartu SIM

Setelah kartu SIM 4G terpasang. Aktifkan mode pesawat pada ponsel untuk menghentikan koneksi ke jaringan, setelah koneksi jaringan terputus. Buka slot kartu SIM, tetapi Gadgeteers tidak diharuskan untuk mencabut kartu SIM-nya. Tujuan membuka slot kartu SIM ini yakni untuk melonggarkannya saja sehingga kartu yang ada di dalam tidak terdeteksi oleh sistem.

3. Masuk ke Menu Rahasia Android

cara-4g-ltetekno.kompas.com

Setelah cara kedua berhasil dilakukan. Gadgeteers tinggal masuk ke menu rahasia yang dimiliki oleh ponsel bersistem operasi Android. Caranya yakni buka menu panggilan telepon dan ketik *#*#4636#*#. Menu tersebut merupakan pengaturan koneksi jaringan ponsel Gadgeteers. Setelah terbuka, pilih menu pertama yakni Phone Information 1 dan geser ke bagian paling bawah.

Topik Hot Lainnya:   Nokia 8 Resmi Meluncur di Indonesia, Turut Beberkan 7 Fakta Menarik

Bila Gadgeteers menemukan tulisan “Set preferred network type“. Klik tulisan tersebut sehingga akan memunculkan berbagai macam daftar jaringan yang didukung oleh Redmi Note 3. Biasanya daftar jaringan yang muncul, mulai dari 2G, CDMA, 3G, hingga 4G. Pada bagian ini lah, langkah kedua berperan penting. Pasalnya, menu tersebut tidak dapat diubah bila kartu SIM terpasang.

4. Aktifkan CDMA Only

Bila menu tersebut dapat diubah, ubahlah ke dalam pengaturan CDMA only. Bila opsi tersebut sudah dipilih, keluar dari menu rahasia tersebut dan pasangkan kembali kartu SIM dengan benar. Untuk sementara waktu, Gadgeteers akan melihat bahwa ponsel mencari jaringan yang sesuai.

5. Buka Menu Pengaturan Android (Setting)

cara-4g-lte-xiaomi-redmi-note-3tekno.kompas.com

Segera setelah Gadgeteers selesai dengan langkah keempat, segera masuk ke menu pengaturan Android (setting) lalu buka pilihan SIM Card & Mobile Network, dan pilih nomor yang dipasang di slot 1. Setelah itu, cari “Preferred network type”. Ada yang berbeda dalam menu tersebut, karena kini sudah terdapat pilihan Global, Preferred 4G (CDMA), serta Preferred 3G (CDMA). Tentunya untuk dapat menggunakan sinyal 4G LTE, Gadgeteers pilih preferred 4G (CDMA).

Keluar dari setting, dan lihat tampilan ikon yang menampilkan bar sinyal. Dari sini Gadgeteers akan melihat bentuk ikon bar sinyal sudah berubah menjadi dua bar dalam posisi bertumpuk, seperti pada ponsel CDMA. Pada bagian bawah bar memang kosong, tetapi di bagian atasnya Gadgeteers dapat melihat tulis 4G muncul. Hal tersebut menandakan bahwa ponsel Xiaomi Redmi Note 3 sudah terhubung ke jaringan 4G LTE.

cara-4g-lte-xiaomi-note-3tekno.kompas.com

Kekurangan dari cara ini adalah kartu 4G GSM yang dipakaikan untuk tersambung ke jaringan internet cepat tersebut tidak dapat melakukan panggilan maupun menerima panggilan. Selain itu Gadgeteers pun tidak dapat mengirimkan pesan singkat (SMS). Hal tersebut dikarenakan dukungan jaringan diubah menjadi CDMA.

Topik Hot Lainnya:   Cara Menghapus Akun Email di iPhone

Disarankan untuk memaksimalkan fitur dual SIM yang dimiliki ponsel ini. Dengan memaksimalkan fitur dual SIM, Gadgeteers dapat membaginya, yakni slot pertama untuk koneksi internet 4G saja, dan slot kedua untuk menampung nomor utama yang dipakai menelepon, SMS dan kegiatan lainnya.

via Tekno.Kompas.com
featured image via Androidauthority.net
WN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

three × five =