Beranda Tips

Cara Mudah Mengembalikan File yang Terhapus di Komputer

70
0

Terkadang para pengguna komputer menghapus permanen file yang tidak terpakai secara berkala. Yang menjadi masalah adalah ketika file yang sudah dihapus permanen tersebut ternyata masih akan digunakan lagi. Pertanyaannya, bisakah kita mengembalikan file yang sudah dihapus secara permanen dari komputer tersebut?

Jawabbanya bisa! File yang sudah dihapus secara permanen dari komputer masih bisa dikembalikan. Pada saat file tersebut dihapus ternyata file akan ditampung pada sebuah sistem, yang berarti file tersebut tidak benar-benar hilang. Bagi Gadgeteers yang ingin mengembalikan file yang telah dihapus secara permanen ke komputer, berikut caranya.

Langkah pertama adalah dengan mengunduh dan meng-instal aplikasi PC Inspector File Recovery.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen

Selanjutnya, akftifkan program PC Inspector File Recovery. Degan mengaktifkannya, pengguna akan diberi tiga pilihan yaitu Recovered Deleted Files, Find Lost Data and Find Lost Drive. Lalu, pilih Recovered Deleted Files.

   Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen

Kemudian akan muncul berbagai pilihan drive komputer dimana file biasa disimpan, pilih satu. Contohnya, jika file yang ingin dikembalikan ada di Local Disk D, maka pilih Local Disk D, lalu klik tombol berwarna hijau di sebelah kanan sehingga proses scanning dimulai.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen

Lalu, tunggu sampai proses tersebut selesai dan cek status file yang ingin dikembalikan. Jika statusnya ‘good,’ maka file tersebut bisa dikembalikan.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen

Selanjutnya klik kanan, Restore – Save to – drive yang diinginkan. Tunggu sampai proses restoring selesai. Selamat mencoba.

via Jalantikus.com
diedit oleh WN

Topik Hot Lainnya:   Aplikasi Menggambar Anime untuk Android