Beranda Tips

Cara Mudah Mengetahui Berita Hoax atau Asli

6
0

Media sosial selain menjadi tempat untuk bersosialisasi, dewasa ini ruang virtual tersebut juga menjadi tempat yang diramaikan oleh berita-berita yang palsu atau hoax. Sehingga dibutuhkan kecerdasan dan kehati-hatian untuk menyebarkan suatu berita.

Lalu bagaimanakah cara untuk mengetahui berita tersebut palsu atau asli?

Tips yang pertama, hilangkan kebiasaan untuk asal menyebarkan berita tanpa mengetahui kebenarannya. Apabila berita tersebut terkesan meragukan, maka hindarilah untuk menyebarkan berita tersebut tanpa berpikir panjang.

Kedua, periksalah kembali reputasi situs asal berita. Apabila situs tersebut tidak dapat dipercaya, maka sebaiknya berhenti menganggap berita tersebut adalah benar adanya. Sebaliknya, kita harus mencurigai situs tersebut sebagai media yang dikendalikan oleh orang-orang yang berkepentingan terhadap suatu isu.

Ketiga, pastikan kembali bahwa gambar yang terpampang di dalam situs tersebut asli dan dapat dipertanggungjawabkan. Untuk memastikan keaslian gambar, Gadgeteers dapat menggunakan situs Google Images. Tarik dan lepaskan gambar ke situs tersebut untuk mengetahui keaslian dan sumber pertamanya.

Terakhir, jika Gadgeteers mendapati berita yang tidak benar, laporkan ke media yang bersangkutan. Untuk melaporkan berita hoax via Facebook, Twitter dan Google, ikuti tips yang pernah @GadgetGaul berikan di artikel ini.

Lapor Hoax

Itu dia tips mengetahui suatu berita hoax atau asli. Yang terpenting ada di tips nomor 1, karena jika Gadgeteers bijak dalam menyebarkan suatu berita, maka kehebohan dapat dicegah sejak dini.

WN

Topik Hot Lainnya:   Telegram 4.3 Mendatangkan Fitur Balas Pesan & Invite yang Lebih Mudah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

19 − 15 =