Beranda Tips

Cara Mudah Mengubah Tombol Navigasi Android Menjadi Seperti iPhone X

423
0

iPhone X hadir tanpa tombol navigasi. Tentunya inovasi tersebut hadir di kalangan Apple dan tidak sedikit orang yang berpikir bahwa apa yang dilakukan oleh Apple ternyata menarik dan bahkan lebih efektif diterapkan pada perangkat smartphone yang notabene-nya hampir seluruh ponselnya hanya ditutupi oleh layer alias menggunakan teknologi touchscreen.

Yap, sekarang ini tidak sedikit perangkat yang mengusung layar full tanpa menyertakan nombol navigasi di depan layarnya. Alih-alih menyimpan tombol navigasi di bagian bawah layar-nya, kebanyakan dari mereka lebih memilih menyematkan tombol navigasinya di layar menyatu dengan tampilan perangkatnya.

Kendati begitu, Gadgeteers merupakan salah seorang yang ingin pula merasakan bagaimana sensasi menggunakan iPhone X yang tidak memiliki tombol navigasi sedikit pun? Well sekarang bisa! Karena kali ini, @GadgetGaul akan membahas tentang bagaimana cara mengubah tombol navigasi pada perangkat biasa Gadgeteers menjadi seperti layaknya pada iPhone X.

Sedikit informasi, navigasi pada iPhone X dilakukan dengan melakukan gesture, jadi siap-siap saja mengingat setiap gesture yang akan terjadi.

Cara Mengubah Tombol Navigasi Menjadi Seperti iPhone X (Root)

ss nav

Untuk membuat tombol navigasi keren seperti iPhone X, Gadgeteers tinggal download aplikasi bernama Navigations Gestures. Aplikasi ini gratis dan bisa digunakan pada smartphone root jadi tolong diperhatikan khawatir ya!

Pertama buka aplikasi Navigations Gestures, langsung pilih ikon panah ke kanan. Setelah itu kita akan masuk ke menu Accessibility, pilih Grant untuk mengaktifkan aplikasi ini di smartphone Android Gadgeteers. Setelah itu Gadgeteers akan diarahkan ke dalam pengaturan accessibility pada smartphone, dari sana aktifkan Navigations Gestures dengan geser toggle ke sebelah kanan.

Proses selanjutnya adalah pengaturan keamanan, pilih Grant untuk melanjutkan, lalu pilih Use Root untuk mengaktifkan tombol navigasi seperti iPhone X, kemudian akan muncul pemberitahuan dan baca baik-baik, karena bisa jadi ini krusial untuk Gadgeteers. (Bila tidak suka dengan aplikasinya dan ingin uninstall jangan lupa disable dulu pengaturan accesibility aplikasi ini. Bila tidak smartphone akan rusak dan navigasi tidak berfungsi lagi.)

Topik Hot Lainnya:   Google Perkaya Aplikasi Maps dengan Fitur Musik

Proses pengaturan awal sudah selesai, kini kita bisa mulai menggunakan tombol navigasi seperti iPhone X di perangkat Android kita. Geser toggle ke sebelah kanan pada pilihan Gesture Enabled untuk mengaktifkan. Gadgeteers bisa mengatur ukuran, tampilan, dan fungsi dari gesture navigasi ini. Caranya tap ikon pengaturan yang ada di sudut kanan atas.

ss nav2

Voila! Tombol navigasi layaknya iPhone X akan muncul dengan berbentuk memanjang dan berada di layar bagain bawah. Dengan ini, Gadgeteers dapat melakukan navigasi untuk kembali, melihat recent apps, pergi ke halaman utama, dan lain-lain. Semua hal itu dapat Gadgeteers lakukan di menu pengaturan.

featured image via play.google.com
WN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

three × 2 =