Beranda Fotografi

Cara Mudah Untuk Memotret Bulan Dengan Sempurna

4412
2

Beberapa waktu lalu ada fenomena alam yang dinamakan dengan super moon, kejadian itu bagi sebagian orang menjadi momen yang penting. Contohnya untuk seseorang yang sudah memiliki pasangan bisa dijadikan ajang untuk beromantis ria dan menyatakan lamaran nikah, atau untuk yang masih menjadi gebetan-gebetan begitu saja bisa menjadi momen yang romantis untuk menyatakan cintanya 🙂

Tidak hanya itu saja, pasti salah satu dari Gadgeteers yang menyukai fotografi dan gambar-gambar yang indah melalui lensa kameranya menjadikan momen tersebut momen yang rare sebagai kesempatan mem-foto bulan secara bulat sempurna.

Namun, apakah ketika Gadgeteers memfoto bulan hasilnya menjadi seperti ini?

bulan (2)(achzakaria.wordpress.com)

Bagi Gadgeteers yang memiliki nilai seni yang tinggi, hasil dari foto tersebut belumlah cukup untuk memenuhi hasrat fotografi Gadgeteers. Benar kan? Sebenarnya mengapa bisa menjadi seperti itu adalah suatu permasalahan klasik.

Terutama para fotografer yang menggunakan kamera-nya dengan mode Auto. Karena penyebabnya adalah kamera mengukur sebagian besar area lingkungan yang gelap (langit) dan mengganggap pemandangan terlalu gelap sehingga menentukan setting yang terlalu terang dan bulan menjadi tidak berdetail. Hanya seperti bola putih saja.

Lantas bagaimana caranya?

1) Ubah kamera kedalam Mode manual.
2) Gelapkan foto agar terlihat detail dan tekstur bulannya dengan mempercepat shutter speed.
3) Cara lainnya adalah menurunkan nilai ISO dan memperkecil bukaan.

Nah dengan kedua cara tersebut hasil foto bulan dari kamera Gadgeteers akan memiliki sedikit nilai seni dan enak saja dilihatnya. Seperti di bawah ini :

bulan(onenews.com)

DSC_7796(inet.detik.com)

featuerd image via gettyimages.com

 

Topik Hot Lainnya:   Canon Umumkan EOS 1300D, DLSR Entry Level Dilengkapi Wi-Fi dan NFC

2 KOMENTAR

    • Makanya, baru buat DSLR aja, soalnya kalo pake kamera smartphone kan belum bisa manual. Mau sebagus apapun kamera smartphone, masih tetep kalah sama kamera beneran 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

17 + eight =