Beranda Tips

Ciri Aplikasi Peminjaman Uang Online yang Aman dan Terpercaya

23
0

Jika dahulu saat kita ingin meminjam uang harus ke bank, ke pegadaian atau yang paling mengerikan meminjam kepada rentenir, dengan beberapa persyaratan yang wajib kita penuhi sebelum meminjam uang. Tapi kini kita tidak lagi harus seperti itu, cukup buka Play Store atau App Store dan mengetikkan kata kunci peminjaman uang maka sederet aplikasi yang melayani peminjaman uang pun muncul, kita cukup instal aplikasi tersebut dan mendaftarkan diri serta memenuhi beberapa syarat maka uang pinjaman pun akan segera cair.

Makin kesini perkembangan financial technology (fintech) yang melayani peminjaman uang pun semakin banyak dan semakin mudah dalam hal persyaratannya. Namun kemudahan tersebut menjadi celah bagi segelintir oknum fintech untuk menjerat nasabahnya. Nah Gadgeteers pasti tidak ingin kan terjerat dalam aplikasi peminjaman uang yang bodong alias tidak memiliki izin beroperasi. Lalu bagaimana kita mengetahui aplikasi tersebut resmi atau tidak ? pada artikel ini akan saya sebutkan ciri dari aplikasi peminjaman uang yang aman dan terpecaya. berikut ciri – cirinya :

Perusahaan pinjaman terdaftar di OJK

ciri pertama sebelum Gadgeteers memutuskan untuk meminjam uang secara online adalah  pastikan aplikasi pinjaman uang online yang hendak pilih telah terdaftar dan berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). OJK secara rutin memperbarui atau meng-update daftar perusahaan fintech yang legal dan ilegal.

Kita bisa mengecek sendiri legalitas lembaga pinjaman online dengan mengunjungi situs resmi OJK. Atau bisa menghubungi call center OJK di nomor 157 untuk bertanya langsung kepada customer service.

Topik Hot Lainnya:   5 Tips Menggunakan Aplikasi Google Translate di Android

Bunga yang dikenakan masih dalam batas wajar

Sama seperti meminjam uang secara konvensional, peminjaman uang secara online pun akan dikenakan bunga. Aplikasi penyedia pinjaman uang online aman dan terpercaya mengenakan bunga yang masih wajar kepada debiturnya. Sebagai patokan, kamu bisa membandingkannya dengan bunga pinjaman di bank.

Rata-rata bunga pinjaman di bank berada di kisaran 0,7-2 persen setiap bulan. Kalau bunga yang ditawarkan aplikasi kredit online lebih dari rata-rata bunga pinjaman di bank, lebih baik di-skip saja. Selain bunga, aplikasi pinjaman uang online aman dan terpercaya juga memiliki biaya layanan. Biaya tersebut diberitahukan sebelum pengajuan.

Memiliki kantor dan alamat yang jelas

Jangan memilih aplikasi penyedia pinjaman online yang tidak memiliki alamat kantor yang jelas, nomor telepon dan alamat email yang bisa dihubungi!

Nomor telepon dan alamat email yang dapat dihubungi tercantum pada situs resmi aplikasi pinjaman online tersebut. Alamat email yang digunakan pun harus email resmi perusahaan bukan Gmail, atau Yahoo.

Kamu abaikan saja penawaran pinjaman uang melalui SMS atau pesan di WhatsApp. Bisa jadi, penyedia pinjaman tersebut ilegal.

Mekanisme peminjaman transparan

Sikap transparansi perusahaan fintech yang meminjamkan uang kepada debiturnya harusjelas. OJK mewajibkan setiap penyelenggara fintech untuk transparan atau terbuka kepada debitur (pihak yang berhutang ke pihak lain) mengenai prosedur peminjaman.

Aplikasi pinjaman uang online terpercaya juga menyediakan informasi mengenai ketentuan pinjaman, persyaratan layanan dan kebijakan privasi secara terbuka.

Aplikasi pinjaman terpecaya tidak mudah  meloloskan calon debitur

Aplikasi pinjaman uang online yang aman dan terpercaya tidak mudah meloloskan pengajuan kredit. Jika ada aplikasi peminjaman uang yang gampang meloloskan penjaman kamu , lebih baik tidak usah dilirik lagi. Biasaanya perusahaan akan meyeleksi calon debiturnya secara hati – hati sebelum memberikan pinjaman uang.

Topik Hot Lainnya:   Cara Backup dan Restore Pesan SMS di Android

Mendapat review positif

Cara paling gampang adalah melihat review pengguna lain yang sudah menggunakan aplikasi tersebut. Apakah pengguna lainnya memberikan komentar yang positif akan aplikasi tersebut atau tidak. Cek dulu kolom komentar di Google PlayStore atau AppStore.

WN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

19 − 2 =