Beranda Review

[REVIEW] Clash of Kings, Game Grafis Jempolan Alternatif Clash of Clans

82
0

Permainan dengan nama yang hampir mirip yaitu Clash of Clans dan Clash of Kings itu memang dapat menarik minat para pecinta game. Meski begitu, tentunya kedua permainan ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Namun tidak ada larangan  memainkan kedua permainan tersebut dalam satu perangkat. Jadi kalau Gadgeteers bosan dengan CoC, bisa memainkan Clash of Kings!

Screenshot_2015-09-27-21-36-25

Takjauh berbeda dengan CoC, CoK (Clash of Kings) ini memiliki grafik yang patut diacungi jempol. Selain itu latar tempat dan permainannya pun berbeda dengan CoC, walau memiliki genre permainan yang sama yaitu real-time strategy. Dalam dunia CoK, kita berperan sebagai seorang raja yang ditugaskan untuk memerintah suatu kerjaaan dan menjadi raja terbaik.

IMG_20150927_213833

Dalam permainan CoK ini kita tidak harus membangun rumah untuk menambah pegawai, karena sudah disediakan. Sayangnya hanya ada satu, dan walaupun di sana tersedia dua, Gadgeteers harus membayarnya menggunakan koin. Mungkin dengan bermain CoK ini kita akan sedikit teringat pada game PC seperti Age of Empires, atau Empire Earth.

Tentunya tetap Gadgeteers harus membangun untuk mengembangkan kerajaannya. Pembangunan seperti biasa terbagi menjadi beberapa bagian, ada pembangunan sumber daya, militer, dan pertahanan. Masing-masing aspek pembangunan tersebut harus seimbang perkembangannya. Bila tidak kerajaan Gadgeteers tidak akan bisa maju.

Seperti yang sudah disinggung dalam membangun kerajaan harus seimbang. Oleh karena itu kita juga harus membangun pasukan militer yang berfungsi untuk mempertahankan tahta kerjaan. Tidak hanya bertahan, Gadgeteers pun dapat menyerang kerajaan orang lain, desa NPC, atau monster yang beredar di sepanjang peta. Dengan menyerang monster atau desa NPC, nantinya pemain akan mendapatkan sumber daya yang berupa kayu dan atau gandum.

Topik Hot Lainnya:   4 Game Balap Mobil Terbaik untuk Smartphone Android

IMG_20150927_213848

Bila di CoC ada sistem clan, di CoK ada yang namanya alliance. Dengan bergabung bersama alliance ini pemain bisa mendapat banyak keuntungan, salah satunya adalah dari sisi pembangunan dan pengembangan. Misalkan estimasi membangun sebuah tembok lvl. 4 adalah 30 menit, dengan meminta bantuan kepada alliance estimasi waktu pembangunan dapat berkurang 2-5 menit.

ss1

Fitur yang terdapat dalam CoK ini salah satunya adalah perebutan tahta atau berebut throne, nantinya setiap kerajaan di daerahnya akan memperebutkan sebuah tahta untuk berada di posisi tertinggi. Tentunya untuk mendapatkan posisi tersebut Gadgeteers harus berjuang sangat keras dan dengan pasukan yang tidak sedikit.

promo

Hmm… So far Clash of Kings boleh diajungi jempol dari sisi grafik dan gameplay-nya yang memperlihatkan dunia luar serta pergerakan pasukan kita ketika akan menyerang. Namun tetap saja ada kekurangan dibalik semua itu. Permainan yang berbasis RTS hanya diperuntukan untuk gamers yang sabar menunggu, jadi tidak akan cocok untuk mereka yang lebih langsung bermain ke intinya saja. Dari skala 1 sampai 100, CoK ini memiliki nilai 85 untuk grafik dan gameplay-nya.

Permainan ini bisa diunduh secara gratis melalui Google Play Store untuk mereka pengguna Android, dan App Store untuk mereka pengguna iOS. Bila sudah mengunduh, segera bangun kerajaanmu dan rebut tahta mahkota sekarang juga!

diedit oleh WN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

fifteen + one =