Beranda Berita

Cloudflare Luncurkan DNS Internet yang Diklaim Paling Ngebut dan Aman

1
0

Internet cepat adalah idaman semua orang, apalagi jika dapat menjamin privasi penggunanya. Tapi, impian semacam itu sulit diperoleh di era yang semakin canggih. Makin maju teknologi, justru ancamannya juga semakin besar. Untuk itulah Cloudflare baru-baru ini mengumumkan kehadiran DNS baru dengan alamat di 1.1.1.1 dan 1.0.0.1.

Pada umumnya, pengguna internet di manapun memakai DNS standar yang disediakan oleh layanan penyedia internet baik yang berbasis kabel maupun mobile. Namun, sejak beberapa tahun yang lalu muncul DNS alternatif yang ditawarkan oleh Google dan OpenDNS.

Cloudflare-launches-1.1.1.1-DNS-service-that-will-speed-up-your-internet

DNS baru dari Cloudflare sengaja menggunakan kombinasi angka-angka tersebut agar mudah diingat oleh pengguna. DNS disebut mendukung berbagai perangkat, antara lain Windows, Mac, Linux, iOS dan juga Android. Pengguna diharuskan melakukan pemasangan melalui perangkat masing-masing.

Dalam keterangan resminya, Cloudflare mengklaim DNS miliknya sebagai DNS tercepat, lebih cepat dari DNS milik Google dan OpenDNS. Selain itu, DNS Cloudflare juga mengedepankan privasi, melindungi riwayat peramban pengguna dari pelacakan pihak penyedia layanan internet. Lebih jauh Cloudflare juga berjanji tidak akan menyimpan data pengguna, menjualnya atau menjadikannya sebagai materi iklan. Kemudian data-data riwayat peramban yang tersimpan akan dihapus secara otomatis setelah 24 jam.

Cloudflare mengklaim bahwa data riwayat pengguna sejatinya diakses dan disimpan oleh penyedia internet, meskipun situs yang dikunjungi terenkripsi. Di Cloudflare, hal semacam ini tidak akan terjadi dan justru dicegah.

via Cloudflare.com
WN

Topik Hot Lainnya:   Chromebook Akan Dimanjakan Semua Aplikasi Play Store

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

five − 5 =