Beranda Advertorial

D-Link DWR-116 : Wireless Router Dengan 2 Koneksi Internet

557
0

Wireless router dari vendor asal Taiwan ini merupakan router yang unik karena mampu mendukung koneksi modem 3G & 4G LTE serta koneksi dari modem kabel & DSL. Sebuah router yang menawarkan pilihan sumber koneksi internet yang cukup lengkap bagi penggunanya.

D-Link DWR-116 memiliki desain yang kompak dengan aksen putih mengitari hitamnya bodi router yang cukup mungil ini. Adanya 2 buah antena yang dapat digerakkan posisinya, tentu mampu memberikan jangkauan WiFi yang luas. Saya sempat mencoba untuk mencari tahu sejauh mana sinyal WiFi mampu dipancarkan oleh router ini. Terhitung kira-kira jarak 20-an meter, sinyal WiFi masih tertangkap walau hanya 1 bar saja. Cukup impresif mengingat sang router ditempatkan di ruang tertutup di dalam rumah. Koneksi WiFi yang disediakan juga mendukung keamanan hingga WPA2 sehingga mampu memberikan proteksi keamanan yang tinggi.

D-Link-DWR-116-Front-GG
Router ini memiliki 4 port LAN serta 1 port WAN yang terletak pada bagian belakang bodi. Bagian depan terdapat lampu-lampu indikator berwarna hijau serta sebuah tombol putih yang sebenarnya kurang jelas fungsinya untuk apa karena di buku manual tidak terdapat penjelasannya. Saya berasumsi bahwa tombol tersebut mungkin berfungsi untuk me-refresh koneksi internet :p Selain itu terdapat pula tombol reset yang dapat diakses menggunakan lidi atau peniti misalnya. Agar berfungsi, tombol reset ini harus ditekan dan ditahan selama minimal 5 detik untuk mengembalikan setting router ke setting pabrikan. Bagian atas, terdapat sebuah port USB yang berguna untuk mencolok modem 3G / 4G LTE pada tempatnya.

D-Link-DWR-116-Rear-GG
Ketika mencoba berinternet ria menggunakan koneksi WiFi dari router ini melalui modem 3G untuk pertama kalinya, Saya tidak menemukan kesulitan yang berarti ketika berusaha men-setting sang router agar dapat terintegrasi dengan modem 3G karena adanya step by step wizard yang membantu proses setup. Dalam waktu singkat D-Link DWR-116 mampu memancarkan akses internet melalui WiFi sehingga koneksi internet dapat dinikmati bersama-sama dengan pengguna lainnya. Pada web-nya, D-Link telah memberikan daftar tipe modem 3G & 4G apa saja yang mendukung router ini. Mungkin ada baiknya bila daftar tersebut disertakan pula pada paket penjualan.

Topik Hot Lainnya:   Daftar Harga Gadget Apple Maret 2014


Tak cukup puas di situ saja, saya pun mencoba untuk mengkoneksikan router ini ke modem DSL. Proses setup berlangsung singkat dan dengan segera koneksi internet dari modem DSL dapat mengalir melalui 2 buah antena WiFi dari router ini. Satu hal yang menarik adalah router ini mendukung sebuah fitur bernama auto-failover di mana 2 koneksi internet baik dari modem 3G dan modem DSL sama-sama terpasang dan bila salah satu sumber koneksi internet terputus maka otomatis koneksi yang satunya lagi mampu meng-cover koneksi internet yang hilang itu. Sungguh sebuah fitur yang sangat fleksibel dan bermanfaat tentunya guna menjaga produktivitas pengguna dalam berselancar di dunia maya. Untuk membuktikannya, saya secara sengaja memutus aliran koneksi internet dari modem DSL dan dalam sekejap internet dapat terus berjalan melalui koneksi internet dari modem 3G. Luar biasa!

Overall, router ini saya rekomendasikan untuk profesional atau pebisnis UKM yang membutuhkan koneksi internet yang handal baik di kantor maupun di rumahnya. Dibanderol seharga Rp400.000 ribuan, D-Link DWR-116 cukup worth it untuk dimiliki apalagi dengan adanya jaminan garansi selama 3 tahun dan dukungan nomor bebas pulsa 0800-14014-97 di hari dan jam kerja (senin-jumat jam 9 pagi s/d 6 sore).