Beranda Berita

Daftar Kartu SIM Per 15 Desember Wajib Pakai KTP

5
0

Gadgeteers pasti sering melihat para pedagang eceran yang menjual kartu SIM perdana prabayar di pinggir jalan, dan mungkin nomor ponsel yang sekarang dipakai Gadgeteers berasal dari penjual tersebut. Selain murah meriah, kita juga tidak perlu repot-repot melakukan registrasi di tempat, tinggal bayar, maka kita akan langsung mendapat nomor perdana tersebut dan bisa mengaktifkannya di mana saja.

Sistem seperti itu membuat orang menjadi sangat bebas dalam memiliki beberapa nomor ponsel dan bisa dipakai untuk hal yang tidak seharusnya dilakukan, seperti mengisi data registrasi secara sembarangan, lalu melakukan penipuan atau mengirimkan SMS spam yang mengganggu.

14002

Untuk mengatasi hal itu, pemerintah akan mulai menerapkan sistem registrasi di tempat yang disertai dengan Kartu Tanda Pengenal (KTP) pada 15 Desember 2015. Kebijakan ini dikeluarkan langsung oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI).

Terdengar familiar? Program ini memang sudah direncanakan pemerintah sejak tahun lalu dan terbentur masalah pihak mana yang akan menyediakan layanan itu. Program ini tidak berarti akan mematikan usaha para pedagang eceran yang selama ini memang lebih mudah diakses oleh para pelanggan. Para pedagang eceran masih bisa menjual kartu SIM perdana dengan syarat harus mengaktifkan langsung nomor tersebut dengan KTP pembeli, dan sang pedagang tersebut juga harus memiliki izin yang dikeluarkan langsung oelh operator.

Mungkin kebijakan baru ini terdengar merepotkan para calon pembeli dan pedagang eceran yang sudah ada. Tapi dengan manfaat yang akan dirasakan, seperti berkurangnya tingkat penipuan dan SMS spam, sepertinya program ini akan disambut dengan baik oleh masyarakat.

via tekno.liputan6.com
diedit oleh WN

Topik Hot Lainnya:   Cara Unreg Nomor SIM Prabayar yang Sudah Teregistrasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

19 − 11 =