Beranda Aplikasi

Dapatkan Izin BKPM, Uber Legal Mengaspal di Jakarta?

6
0

Kisruh yang melibatkan pihak Uber dan pemerintah Jakarta akhirnya menemukan titik terang. Uber bersedia untuk mengikuti persyaratan yang diberikan oleh pemerintah Jakarta agar mereka dapat beroperasi secara legal. Saat ini, mereka telah memenuhi salah satu persyaratan yang diberikan Gubernur Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), yakni memiliki izin dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Dengan adanya izin tersebut, manager regional Uber, Mike Brown, mengatakan kalau Ahok telah mengakui legalitas Uber untuk beroperasi di Jakarta. “Kami sangat gembira setelah Gubernur Ahok memberikan kami lampu hijau untuk beroperasi di daerah dengan peraturan yang kondusif seperti ini. Sebagai sebuah perusahaan, kami telah melakukan beberapa kesalahan di masa lalu dan meminta maaf untuk itu”.

09001

Walaupun begitu, ternyata masih ada 3 persyaratan lain yang harus dipenuhi Uber, yakni membayar pajak berdasarkan tingkat pendapatan, mempunyai jaminan asuransi, dan setiap armada wajib lolos dalam uji KIR. Dengan adanya uji KIR tersebut, semua armada Uber yang dianggap layak beroperasi akan mendapatkan stiker khusus untuk menunjukkan status legalnya.

Ahok mengatakan kalau Uber harus menyelesaikan ketiga persyaratan tersebut agar dapat beroperasi secara normal layaknya aplikasi pemesanan transportasi umum yang lain, GrabTaxi, yang sudah melakukan kewajibannya. Dengan masih berjalannya proses tersebut, saat ini Uber masih belum bisa disebut legal, namun bukan tidak mungkin status itu akan berubah dalam waktu dekat ini.

via Thejakartapost.com dan Techcrunch.com
diedit oleh WN

Topik Hot Lainnya:   WeChat Hadirkan Stiker Giselle, Hujan Emotikon & MojiMe Bertema Natal