Beranda Aplikasi

Data Rahasia Pelanggan Mudah Dibobol, Ini Kata CEO Go-jek

5
0

Data pengguna aplikasi Go-Jek rawan dicuri. Pernyataan inilah yang dituliskan oleh seorang developer aplikasi bernama Yohanes di dalam blog pribadinya. Hal itu terungkap setelah Yohanes menguji keamanan aplikasi pemesanan transportasi roda dua ini pada beberapa waktu lalu. Bahkan, ia mengklaim kalau bug ini sudah ada sejak bulan Agustus 2015 kemarin dan sampai tulisan itu dibuat, bug itu masih dapat dieksploitasi.

Kita dapat dengan mudah mengetahui informasi pribadi para pengguna maupun driver jika mengerti dasar-dasar dari pemrograman aplikasi. Informasi seperti data pribadi driver, nomor ponsel pelanggan, email, order history, bahkan saldo Gojek dapat diketahui dan dimanipulasi dengan mudah. Yohanes juga mengatakan kalau sudah ada pihak yang menjual Gojek credit dengan harga miring.

Yohanes pernah menginformasikan pihak Gojek terkait bug ini, dan GoJek meminta waktu hingga 10 Januari untuk melakukan perbaikan sebelum mempersilakan Yohanes untuk mempublikasikan tulisannya.

11002

CEO Gojek, Nadiem Makarim, merespon berita itu dengan mengatakan bahwa bug yang dilaporkan tersebut sudah tidak ada lagi. “Dapat kami tegaskatn bahwa saat ini kredit milik pelanggan dan mitra pengendara 100% aman”, ujar Nadiem. Untuk masalah lain seperti rentannya data pelanggan dan driver, Nadiem berujar kalau Gojek memiliki tim khusus yang bekerja untuk menyelesaikan hal ini dan akan menuntaskan seluruhnya dalam beberapa hari ke depan.

Nadiem juga berterima kasih atas masukan yang telah diberikan Yohanes dan berbagai pihak lainnya terkait kasus ini dan mereka akan selalu terbuka terhadap segala masukan konstruktif untuk perbaikan teknologi Gojek. Tentunya kita berharap Gojek akan bergerak cepat dalam memperbaiki celah keamanan ini, karena data pribadi para pelanggan adalah hal yang sangat sensitif di dunia digital seperti sekarang ini.

Topik Hot Lainnya:   Opera Luncurkan Aplikasi VPN Tanpa Batas untuk iOS

via CNNindonesia.com dan Tekno.kompas.com

diedit oleh WN