Beranda Berita

Di Balik Asiknya Kuis Vonvon, Benarkah Ada Bahaya yang Mengancam?

95
0

Bila Gadgeteers ingat, beberapa waktu yang lalu sempat nge-trend segelintir kuis buatan Vonvon. Sebenarnya Vonvon sendiri adalah sebuah situs yang diciptakan oleh tangan kreatif dari Korea sana, namun sekarang sudah ada versi Indonesianya dengan menggunakan domain .id.

Permainan kuis tersebut mungkin bagi sebagian orang terkesan menyenangkan karena kemampuannya dalam menebak dan memunculkan candaan-candaa baru. Namun taukah Gadgeteers bahwa dibalik keasikan tersebut ternyata ada bahayanya juga?

vonvon_1200x630

Kuis tersebut begitu nge-trend di Facebook. Dengan berbagai macam kuisnya seperti “Berapa lama anda akan jomblo” atau “Orang seperti apa yang akan menjadi pasanganmu di masa depan” begitu menarik peminat terutama mereka orang-orang yang doyan mencari kesenangan dalam hidupnya. Nah, ternyata di balik itu semua ada salah satu kuis yang dikhawatirkan dapat menganggu privasi Gadgeteers sebagai pengguna aktif Facebook.

Kuis tersebut berjudul “Kata-kata apa yang paling banyak anda pakai di Facebook”. Pada awalnya ketika ingin memainkan kuis tersebut, Vonvon akan meminta data pengguna berupa info publik, friendlist , timeline Gadgeteers, foto yang diupload dan di-tag oleh teman, kerabat atau siapapun, lalu riwayat pendidikan, kota kelahiran & tempat tinggal, konten yang di like hingga yang terakhir adalah alamat IP.

Bagi orang yang selalu siaga mungkin hal tersebut menjadi sesuatu yang aneh karena sangat spesifik idan mendalam. Hmm…mengapa Vonvon harus meminta hal se-spesifik seperti itu? Menanggapi hal tersebut sang Presiden dari Vonvon, David Hahn angkat bicara. Ia mengatakan bahwa hal tersebut dilakukan untuk kebaikan dan kemudahan para penggunanya juga. Hahn menjelaskan bahwa pada hakikatnya mereka tidak mampu menyimpan data para pengguna. Hal tersebut bertujuan untuk mempermudah para pengguna untuk bermain berbagai kuis lainnya yang disediakan oleh Vonvon.

Topik Hot Lainnya:   5 Game Android Terbaru Bulan April yang Patut Dicoba

Lalu seorang Staff Technologist Electronic Frontier Group pun mendukung apa yang diutarakan oleh Hahn, namun ia memberikan statement yang sedikit mengingatkan kepada para pengguna lainnya. Walaupun Vonvon menggunakan coding Javascript, sehingga data yang dibutuhkan diurai terlebih dahulu dalam perangkat atau komputer milik pengguna dan tidak dikirimkan ke dalam cloud. Namun hal tersebut bukan berarti bahwa Vonvon tidak benar-benar mengambil data milik pengguna, untuk membuktikannya pun dibutuhkan proses yang rumit, sehingga kita sebagai pengguna awam tidak bisa diyakinkan dan jangan terlalu yakin seratus persen bahwa mereka tidak mengambil data privasi kita.

Mungkin berkaca dari sana, kini kuis “Kata-kata apa yang paling banyak anda pakai di Facebook” atau yang lebih dikenal dengan “Most used words” itu sudah diubah. Sekarang tidak terlalu mendetail cukup berikan informasi publik, friendlist serta timeline. Namun kita juga masih bisa memainkannya walaupun hanya memberikan informasi publik dan menolak memberikan friendlist dan juga timeline.

Gadgeteers bisa berkunjung serta bermain ke website resmi Vonvon dalam Bahasa Indonesia di sini.

via NewsFactor.com
featured image via twitter.com
diedit oleh WN