Beranda Berita

Dianggap Berpengaruh Buruk, Malaysia Akan Blokir YouTube

1
0

Kabar mengejutkan datang dari negeri Jiran, Malaysia yang kabarnya akan memblokir akses situs YouTube karena dianggap memberikan dampak buruk terhadap warganya.

Dikutip GadgetGaul dari TechinAsia, Rabu (26/11/2014), pemerintah setempat memutuskan untuk membuat aturan yang lebih ketat dengan meblokir sejumlah situs web yang tidak sesuai dengan budaya dan kepantasan lokal. sial bagi Google, YouTube masuk dalam daftar panjang tersebut.

Dilansir The Malay Mail Online, Menteri Perumahan Datuk Seri Ahmad Zahid memberi keterangan kepada media yang intinya memastikan bahwa pemblokiran akan dimulai secepat mungkin. Untuk melakukan pemblokiran layanan web yang masuk dalam daftar hitam tersebut, pemerintah telah menggandeng Malaysian Communications and Multimedia Commision.

Datuk-Seri-Ahmad-Zahid-GGvia thestar.com.my

Pemblokiran tersebut dilakukan bertujuan untuk menyaring konten-konten dari beberapa situs web yang dianggap tidak sesuai dengan budaya dan kepantasan lokal. Pemerintah Malaysia ingin konten-konten tersebut tidak bisa diakses pengguna internet di Malaysia.

Sebagaimana Indonesia, Malaysia juga sangat ketat dalam hal pengaruh konten yang berpotensi bertubrukan dengan budaya dan norma-norma agama, bila dikonsumsi oleh masyarakat dikhawatirkan dapat berpengaruh buruk terutama terhadap akhlak dan perilaku  kaula muda.

Untuk itu, Ahmad Zahid meminta pengertian masyarakat Malaysia dan mau menerima dengan lapang dada mengingat keputusan tersebut harus diambil atas nama tanggung jawab sosial mereka kepada masyarakat Malaysia yang mayoritas beragama Islam. Karena hal itu pula Ahmad Zahid berkeyakinan keputusannya ini akan mendapat dukungan dari warga Malaysia.

“Pembuat konten harus memastikan bahwa konten mereka tidak menjauhkan masyarakat dari norma-norma sosial dan agama,” kata Ahmad.

Namun belum diketahui dengan pasti apakah pemerintah Malaysia akan memblokir seluruh akses YouTube atau hanya konten-konten yang dianggap tidak pantas. Namun begitu, penulis yakin keputusan tersebut juga akan mendapatkan protes dari netizen Malaysia.

Topik Hot Lainnya:   5 Aplikasi Karaoke Android Terbaik

via id.techinasia.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

sixteen − fifteen =