Beranda Berita

Dirombak Total, Google Kini Berada di Bawah Bendera Alphabet

4
0

Google telah secara resmi mengumumkan perombakan besar yang terjadi pada perusahaannya. Salah satu dampak dari perombakan tersebut adalah Google akan berada di bawah perusahaan induk bernama Alphabet. Selain itu, Larry Page menjabat sebagai CEO Google juga telah mengundurkan diri dari posisinya tersebut, dan beralih menjadi CEO dari Alphabet sendiri.

Orang yang ditunjuk untuk menggantikan posisi Page tak lain dan tak bukan adalah Sundar Pichai, yang sebelumnya bertanggung jawab dalam divisi Android. Tidaklah mengherankan jika Pichai menduduki jabatan tersebut mengingat pria keturunan India ini memang telah dipersiapkan untuk posisi CEO Google sejak lama.

google alphabet

Lebih lanjut dikatakan bahwa dengan adanya restrukturisasi tersebut maka semua bisnis yang ada pada Google akan dapat lebih fokus dalam, karena bisa berjalan sendiri-sendiri. Selain itu, jika sebelumnya Google menangani hampir seluruh unit bisnis yang ada, maka dengan restrukturisasi tersebut maka bisnis yang harus ditangani oleh Google akan menjadi lebih sedikit.

Di antara unit bisnis yang masih menjadi tanggung jawab Google adalah mesin pencarian Google, iklan, Google Maps, Youtube, Android, serta infrastruktur teknis. Jadi, jika sebelumnya kita bisa mendapati tema kesehatan, pada Google, maka selanjutnya tema tersebut akan ditangani oleh perusahaan lain dibawah Alphabet.

Menurut Larry Page, perusahaan yang tidak memiliki kaitan langsung dengan internet akan segera dipindahkan ke Alphabet. Secara garis besar bisnis lain yang ditangani secara langsung oleh alphabet diantaranya adalah Calico, Nest, Fiber, Google Ventures, Google Capital dan juga Google X.

via Businessinsider.com
featured image via gizmodo.com.au
diedit oleh WN

Topik Hot Lainnya:   Boyong Android One ke Indonesia, Evercoss Siapkan "Evercoss One"

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

11 + twelve =