Beranda Berita

Ditemukan Malware Android yang Hanya Sembuh Jika Beli Baru

11
0

Sistem operasi Android memungkinkan para penggunanya untuk melakukan banyak kustomisasi, kita telah melihat banyak sekali app kustomisasi seperti app launcher ataupun sekedar aplikasi wallpaper. Namun, kebebasan dalam memodifikasi suatu program ini tentunya akan memiliki sebuah konsekuensi negatif yang bisa dimanfaatkan sebagian orang, seperti yang ditemukan oleh para peneliti keamanan pada Android.

Mereka menemukan varian adware (penyebar iklan) pada Android baru yang sulit untuk dihapus, karena adware tersebut “diseludupkan” bersama dengan aplikasi resmi yang sudah dimodifikasi. Ternyata, cara untuk memodifikasi aplikasi ini cukup simpel bagi orang yang sudah mengerti seluk-beluk pemrograman. Mereka cukup mendownload aplikasi resmi yang masih bersih, lalu mereka menyusupkan adware ke aplikasi itu dan mengunggahnya kembali ke Play Store atau toko aplikasi pihak ketiga.

09002

Mengutip artikel dari KompasTekno, sudah ada lebih dari 20.000 aplikasi yang mengandung trojan adware tadi yang sudah menyebar di Play Store atau toko aplikasi pihak ketiga. Jika salah satu dari aplikasi yang berisikan adware itu diinstall, maka adware yang terbagi menjadi 3 kategori (Shedun, Shuanet, dan ShiftyBug) ini akan secara otomatis menginstall dirinya sendiri ke dalam sistem.

Bagian yang membuat adware ini begitu berbahaya, mereka akan membuat sistem menganggap mereka sebagai sistem bawaan yang ada di dalam ponsel yang dijangkitinya. Hal ini akan membuat solusi factory reset menjadi tidak berguna karena adware tersebut akan kembali ter-install secara otomatis. Adware termasuk berbahaya karena tidak hanya dapat terus-terusan menampilkan iklan, namun juga bisa membaca mekanisme kunci keamanan di ponsel karena statusnya sebagai sistem.

Hal paling simpel yang bisa dilakukan untuk mencegah ponsel Gadgeteers terkena masalah ini adalah dengan memiliih aplikasi yang diperlukan dan hanya menginstall aplikasi dari developer yang sudah terpercaya.

Topik Hot Lainnya:   Dukung Tim Indonesia Di Final Imagine Cup 2012!

via Androidauthority.com
diedit oleh WN