Beranda Games

DotA 2 New Bloom Festival: Dari “Play to Win” Menjadi “Pay to Win”

35
0

Siapa yang tidak kenal dengan DotA? Sequel-nya yaitu DotA 2 merupakan salah satu game MOBA terkenal dari Valve dan pernah membuat seseorang menjadi miliarder. Walaupun demikian DotA 2 merupakan game yang berbasis free-to-play. Yang artinya Gadgeteers dapat bermain DotA 2 ini tanpa harus membayar uang sepeser pun tapi harus melakukan upgrade untuk memperoleh fitur tambahan.

Setelah banyak event yang ada di DotA 2, entah mengapa sepertinya event kali ini menyajikan sesuatu yang berbeda dan hal itu membuat banyak orang tidak suka.

Event untuk menyambut tahun baru imlek yang disebut dengan New Bloom Festival ini sebenarnya tahun lalu juga ada. Namun, hal tersebut benar-benar berbeda dengan yang sekarang. Entah mengapa sepertinya istilah free-to-play nya DotA mulai pudar karena event kali ini.

New Bloom 2014coub.com

Untuk Gadgeteers yang pada tahun lalu melewatkan event New Bloom Festival  mungkin tidak akan merasakan perbedaan tersebut. Tahun lalu, event New Bloom Festival sangat menarik dan mengasyikan. Pada event tahun lalu, Gadgeteers yang berjumlah 5 orang harus melawan se-ekor naga barongsai. Naga tersebut sebenarnya tidak akan pernah mati, namun damage yang dihasilkan tiap orang terhadap naga tersebut akan diakumulasikan sehingga Gadgeteers mendapatkan poin, dari poin tersebut pemain dapat mendapatkan items.

Tentu saja, pada tahun ini naga tersebut kembali muncul. Namun, tidak sama seperti tahun sebelumnya. Pada tahun sebelumnya, naga tersebut berada dalam mode yang berbeda dengan gameplay mode all-pick. Nah, untuk tahun ini. Naga tersebut bakalan muncul dalam mode all-pick. Sehingga tidak ada mode khusus untuk melawan naga tersebut.

NewBloompcgamescn.com

Hal tersebut yang membuat banyak pemain tidak suka. DotA 2 merupakan pertarungan antar tim yang terbagi menjadi dua, yaitu dire dan radiant. Naga tersebut bakalan muncul sebagai dire dan radiant, dimana akan  membantu pertarungan dalam tim. Hal tersebut akan menjadi hal yang biasa bila ternyata kekuatan kedua naga tersebut seimbang, atau setidaknya pada awalnya seimbang. Namun bagaimana bila permainan baru saja dimulai dan naga tersebut sudah sangat kuat?

Topik Hot Lainnya:   Daftar Game Android yang Bisa Dimainkan Berempat

Bila tahun lalu, poin yang dikumpulkan oleh gamer ditukarkan dengan items. Sekarang, poin yang pemain kumpulkan merupakan poin untuk meningkatkan kekuatan sang naga. Yang artinya semakin banyak poin yang pemain tersebut miliki, semakin kuat naga dalam tim tersebut.

dota 2 poinubergizmo.com

Bagian yang tidak menyenangkannya yaitu untuk mendapatkan poin tersebut pemain dapat membeli sebuah poin yang harganya bisa dibilang tidak murah.

Pemain masih tetap bisa mendapatkan poin tersebut, namun dalam jumlah yang sangat sedikit. Mungkin, bila naga tersebut tidak muncul dalam mode all-pick hal tersebut bukanlah masalah besar, karena ada mode tersendiri untuk melawan naga tersebut. Nah, sekarang muncul dalam mode all-pick. Bukankah itu menjadikan kesenangan bermain DotA 2 Gadgeteers menjadi berkurang? Karena sekarang istilahnya bukan play-to-win melainkan pay-to-win. Kecuali bila Gadgeteers bermain dalam mode lain yang keasikannya berkurang seperti mode all-pick yang paling banyak dipakai oleh para pemain DotA 2.

via Theverge.com
featured image via cursecdn.com
diedit oleh Winarso