Beranda Berita

Drone Buatan Sony Bisa Terbang 106 KM/Jam, Tonton Aksinya di Sini!

5
0

Bulan lalu, Sony mengumumkan kerjasama mereka dengan perusahaan robotik asal Jepang, ZMP, yang diberi nama Aerosense. Aerosense menawarkan drone yang lebih berorientasi pada kebutuhan tingkat perusahaan mulai awal 2016, karena harganya yang masih mahal.

Dengan menggabungkan kehebatan Sony dalam hal imaging dan pengalaman ZMP soal teknologi robotik, tentu saja para konsumen akan mengharapkan sebuah drone yang tidak sama dengan yang sudah-sudah. Dan belum sampai 1 bulan, Aerosense sudah memperkenalkan prototype drone mereka yang diberi nama AS-MC01-P quadcopter dan AS-DT01-E VTOL drone.

Nama-nama itu memang terdengar rumit karena memang masih dalam tahap pengembangan. Jika AS-MC01-P quadcopter terlihat biasa karena mirip dengan drone yang sudah ada di pasaran, bentuk dari AS-DT01-E VTOL bisa dibilang cukup unik dan menarik perhatian. Bentuk dari VTOL menyerupai pesawat terbang yang sering kita lihat, dan dengan bentuknya yang kecil, orang awam bisa tertipu dengan menyangka kalau itu adalah mainan remote control.

26002

Tidak hanya berbentuk unik, VTOL sudah menggunakan teknologi autopilot untuk meminimalkan kecelakaan yang disebabkan oleh human error. Drone ini bisa membawa objek seberat 10 kg (seperti kamera dan aksesoris lainnya), bisa terbang selama 2 jam, dan mempunyai kecepatan maksimal 106 km/jam! Aerosense menargetkan penggunaan drone ini untuk kegiatan observasi atau survey wilayah yang masih sulit untuk diakses. Hisashi Taniguchi, CEO Aerospace dan ZMP, mengatakan kalau perusahaan mereka menaretkan keuntungan 10 miliar Yen (1.1 triliun rupiah) pada 2020.

Melihat kebutuhan akan drone yang semakin meningkat, target itu terdengar realistis. Penggunaan drone untuk keperluan perusahaan memang sedang populer dan banyak digunakan, seperti program dari Amazon yang menggunakan drone untuk mengantar paketnya dan Google untuk mencari data.

Topik Hot Lainnya:   Xbox One Akan Dipersenjatai dengan Cortana

Bahkan penggunaan drone untuk mensurvey lokasi berbahaya sudah banyak digunakan oleh para pemadam kebakaran luar negeri. Dengan perkembangan teknologi yang berjalan dengan cepat, mungkin tidak butuh waktu lama lagi bagi kita untuk bisa menikmati kualitas drone sekelas VTOL dengan harga yang murah. Untuk melihat aksi dari drone VTOL, Gadgeteers bisa langsung menonton video di bawah.

via Techcrunch.com dan blogs.wsj.com
diedit oleh WN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

four × five =