Beranda Berita

Drop Test : Siapa yang Terkuat, Samsung Galaxy Note 7 atau iPhone 6s?

21
0

Salah satu alasan yang mungkin membuat Gadgeteers tertarik untuk membeli sebuah ponsel adalah ketahanan ponsel tersebut apabila suatu saat terjadi hal yang tidak diinginkan seperti contohnya: Terjatuh. Dilansir dari laman Youtube PhoneBuff, mereka mengadu ketahanan siapa yang lebih kuat antara Samsung Galaxy Note 7 dan iPhone 6s.

Ponsel jebolan Samsung, yakni Galaxy Note 7 sudah dilindungi oleh kaca pelindung teranyar, Gorilla Glass 5. Hal ini secara teori akan membuat Galaxy Note 7 lebih kuat daripada Galaxy S7. Karena sebelumnya, lawan Galaxy Note 7 kali ini yakni iPhone 6s pernah diadukan dengan Samsung Galaxy S7. Kala itu iPhone 6s menang telak dan telah membuktikan bahwa Samsung Galaxy S7 tidak cukup kuat saat dijatuhkan dari ketinggian kurang lebih dari 1 meter. Dengan perlindungan Gorilla Glass 5, kaca pelindung tersebut diklaim dapat terlindung dari benturan maksimal 1,6 meter.

Droptest

Dalam video yang dirilis oleh PhoneBuff, mereka melakukan 5 kali tes dengan mengambil ketinggian sejauh 1 meter saja. Tes yang pertama yakni menguji punggung kedua ponsel. Hasilnya, kedua ponsel masih berfungsi. Untuk tes ini, sepertinya iPhone 6s lebih baik karena hanya menghasilkan beberapa goresan minor saja. Sementara itu di sisi lain, Galaxy Note 7 menunjukkan goresan yang lebih jelas.

Tes yang kedua adalah pengujian ketahanan sisi bawah ponsel atau bottom drop. Dalam tes kali ini pun iPhone 6s menunjukan kebolehannya dengan menunjukan kerusakan yang lebih lumayan daripada Samsung Galaxy Note 7.

Tes ketiga dilakukan untuk menguji sisi ponsel atau side drop. Menariknya, dalam tes ketiga ini. Kedua ponsel tidak menunjukan kerusakan yang berarti.

Tes keempat adalah untuk menguji ketahanan bantingan dari sisi depan atau face drop. Untuk kali ini Samsung Galaxy Note 7 menunjukkan kebolehannya dengan hanya memiliki goresan di sisi kiri dan kanan, dan layar tengah yang masih terlihat cukup mulus. Hal yang berbeda terlihat pada iPhone 6s, selain memiliki goresan di sisi kiri dan kanannya, ponsel tersebut pun memiliki goresan di bagian tengahnya.

Topik Hot Lainnya:   Takut Naik Pesawat? Aplikasi ini Bisa Ramal Kapan Kecelakaan Akan Terjadi

Lalu yang terakhir adalah tes ketahanan yang sebenarnya dengan melakukan face drop beberapa kali. iPhone 6s dites pertama kali dan hanya mendapati tahan sekitar 7 kali jatuh. Setelah itu ponsel tidak dapat berfungsi dengan semestinya dan layarnya pun rusak parah. Hasil berbeda diperlihatkan oleh Samsung Galaxy Note 7, dalam video tersebut dapat dilihat bahwa ponsel yang terlindungi oleh Gorilla Glass 5 ini dapat tahan selama 50 kali, dan layarnya pun masih dapat berfungsi, walaupun dengan banyaknya goresan pada layar.

Kelima tes yang sudah dilakukan oleh PhoneBuff tersebut memperlihatkan bahwa kedua ponsel yakni Samsung Galaxy Note 7 dan iPhone 6s memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri dalam ketahanannya.

 via PhoneBuff
featured image via ytimg.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nine − eight =