Beranda Games

Dumb Ways To Die: Game Layanan Masyarakat Australia yang Mendunia

75
0

Iklan layanan masyarakat biasanya berupa peringatan atau poster yang kurang begitu menarik tapi kalau dikemas dalam bentuk games seperti yang dilakukan oleh perusahaan kereta api Australia ini, pasti akan lebih banyak orang yang tertarik dan memahami pesan yang disampaikan.

Metro Trains Melbourne mengeluarkan iklan layanan masyarakat mengenai pentingnya berhati-hati di lintasan kereta api pada tahun 2012 dalam bentuk video klip lagu berjudul “Dumb Ways To Die” alias cara-cara bodoh untuk mati. Iklan ini dimaksudkan untuk mengajarkan orang-orang untuk mengetahui hal-hal kecil yang bisa menyebabkan kecelakaan akibat kelalaian seperti makan obat yang sudah kadaluarsa, atau menginjak sarang lebah, atau berdiri di dekat rel kereta api.

Lagu yang catchy dengan video klip yang lucu membuat Dumb Ways To Die meraih popularitas tidak hanya di Australia, tetapi juga di beberapa negara bahkan disebut-sebut sebagai video viral yang paling menarik setelah Gangnam Style. Pada tahun 2013, Metro Trains juga mengeluarkan game Dumb Ways To Die ini untuk para pengguna mobile phone berbasis iOS. Kepopulerannya membuat game ini akhirnya tersedia juga di Google Play untuk para pengguna  Android pada akhir tahun kemarin.

dwtdie1
Mobile game
yang gambar karakter-karakternya sederhana namun lucu ini sangat simpel. Pemain diminta untuk mengikuti perintah di tiap levelnya, seperti mengaitkan tali balon ke tangan. Kalau gagal, karakter dalam game akan mengambil balon itu melewati rel kereta api yang sedang melintas dan tertabrak. Dengan demikian pemain diajarkan untuk mematuhi peraturan keselamatan seperti yang tersirat di dalam game ini.

Di akhir game, kita akan diminta untuk berjanji untuk lebih berhati-hati. Setiap level game ini semakin seru dengan semakin banyaknya situasi-situasi yang menuntut kita untuk lebih berhati-hati dan muncul karakter-karakter baru seperti di dalam videoklipnya.

Topik Hot Lainnya:   Studi : Bermain Game Dapat Mengurangi Stress

dwtdie2
Terlepas dari gambar yang lucu namun menggambarkan kondisi yang ironis, game ini cukup berhasil untuk mengajak masyarakat lebih berhati-hati terutama di sekitar lintasan kereta api. Mungkin di negara kita juga perlu iklan dalam bentuk game seperti ini ya, mengingat tingkat kesadaran masyarakat kita untuk tidak melewati palang kereta api masih terbilang rendah, bila dilihat dari tingkat kecelakaan yang akhir-akhir ini sering terjadi. Karena sekarang belum ada game seperti ini di Indonesia, bolehlah kita mainkan dulu game Dumb Ways To Die ini sambil mengingat-ingat kebodohan apa saja yang bisa membuat kita celaka kalau tidak berhati-hati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

9 + eleven =