Beranda Berita

Facebok Mulai Perangi Berita Hoax

9
0

Keseriusan Facebook memberantas berita hoax kembali ditunjukkan melalui peluncuran fitur baru di layanan utama mereka. Meski terbatas di Jerman, fitur ini diyakini menjadi sebuah langkah maju dalam upaya memerangi penyebaran berita tak benar di media sosial yang kerap meresahkan.

“Kami mengumumkan langkah untuk menghadapi berita palsu di Facebook,” tulis halaman resmi Facebook Jerman.¬†Facebook bakal menerapkan pembaruan ini dalam beberapa pekan ke depan.

facebook hoax

Jerman memang mempunyai aturan yang lebih ketat terkait hukum pencemaran nama baik melalui media-media elektronik. Hal itu mendorong Facebook untuk melahirkan fitur baru untuk menjawab desakan dari pemerintah setempat.

Menurut pejabat pemerintahan, berita palsu yang menyebarkan kebencian di media sosial dikhawatirkan memberi pengaruh buruk terhadap parlemen pada bulan September mendatang. Di sana Angela Merkel akan kembali mencalonkan diri untuk meneruskan jabatannya untuk yang keempat kalinya.

Untuk membantu Facebook menyaring berita hoax, mereka menerapkan fitur yang lebih mudah kepada pengguna untuk melaporkan sebuah berita dan menggandeng pihak eksternal untuk menemukan fakta yang sebenarnya. Sebuah organisasi bernama Correctiv disebutkan telah menyepakati Kode Prinsip Pengecek Fakta Internasional dari Poynter, Amerika Serikat.

Dalam prosesnya, fitur ini akan memberi tanda peringatan pada laporan yang terverifikasi sebagai berita yang tidak dapat dipercaya. Selain itu Facebook juga akan menerapkan prosedur yang lebih sulit untuk memalsukan situs berita ternama.

via Facebook.com
WN

Topik Hot Lainnya:   Galaxy C9 Pro, Ponsel Pertama Samsung yang Menggunakan RAM 6GB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eight + twelve =