Beranda Berita

Facebook Akui Jumlah Views Video di Situsnya Tidak Akurat

11
0

Dua tahun terakhir ini Facebook gencar mempromosikan fitur yang berhubungan dengan video. Langkah ini terbilang sukses karena jumlah views dari tiap video sering menembus angka jutaan. Namun, ternyata angka tersebut sama sekali tidak akurat, karena Facebook baru saja mengeluarkan pernyataan bahwa mereka sudah salah dalam membuat perkiraan tentang seberapa banyak orang yang menonton video di situs mereka.

Salah satu pemasang iklan video di Facebook mengisyaratkan jika data statistik dari Facebook Analytic menghasilkan angka yang terlalu tinggi dari kenyataan, bahkan tingkat kesalahannya bisa mencapai 80 persen. Kesalahan tersebut mempengaruhi metrik Facebook yang dinamakan “average duration of video viewed” yang berisikan informasi terkait rata rata durasi orang yang menonton sebuah video di Facebook.

Facebook video

Seharusnya, Facebook Analytic menghasilkan angka yang didapatkan dari total waktu yang dihabiskan untuk menonton dibagi orang yang menekan tombol play (jumlah views yang lebih realistis). Tapi karena adanya kesalahan perhitungan ini, Facebook Analytic justru menghasilkan angka yang didapatkan dari total waktu yang dihabiskan untuk menonton dibagi jumlah orang yang melihat video tersebut selama lebih dari tiga detik.

Perhitungan terakhir terasa tidak akurat karena Facebook mengadopsi sistem pemutaran video secara otomatis (auto play), sehingga orang yang tidak berminat menonton pun bisa dihitung sebagai seorang penonton.

Facebook pun merespon hal ini dan mengklaim jika fitur analisa tersebut sudah diperbaiki dan pemasang iklan tidak perlu menambah biaya apapun.

via Techcrunch.com

WN

Topik Hot Lainnya:   Aplikasi Dropbox untuk Windows 10 Resmi Diluncurkan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

five × one =