Beranda Berita

Facebook Merangkum Kilas Balik Insiden Populer di Sepanjang Tahun 2015

5
0

Tidak terasa, tahun 2015 sudah akan berakhir. Di sepanjang tahun ini banyak terjadi peristiwa-peristiwa besar yang mendapat perhatian dunia. Perhatian yang besar ini tidak bisa luput dari peran media sosial (Facebook, Twitter) yang dapat menyebarkan suatu berita dalam hitungan detik, sehingga suatu isu yang biasanya hanya diketahui warga lokal, menjadi sebuah berita global.

Dengan begitu banyaknya peristiwa di tahun ini, Facebook dan Twitter mencoba merangkumnya dalam sebuah video dan daftar hastags (tagar) yang ramai menghiasi dunia maya di tahun 2015.

12002

Pada Bulan Januari, dunia dikejutkan dengan penyerangan segerombol orang ke dalam kantor Charlie Hebdo di Paris yang mengakibatkan sepuluh jurnalis dan dua polisi meninggal dunia. Para pengguna Facebook dan Twitter langsung merespon kejadian ini dengan menggunakan tagar #JeSuisParis sebagai tanda dukungan pada warga Paris yang menjadi korban.

Pada Bulan Juni, para netizen ramai membahas keputusan Amerika yang melegalkan pernikahan sesama jenis. Bahkan Presiden Barack Obama pun berkicau untuk melontarkan dukungan atas keputusan ini melalui akun Twitter resminya @POTUS. Gadgeteers pasti pernah melihat foto profil Facebook yang menggunakan warna pelangi, bukan? Itu adalah efek dari keputusan yang ditandai dengan tagar #LoveWins di Twitter tersebut.

12003

Dan kejadian besar terakhir yang juga mendapat perhatian sama besarnya dari dunia adalah aksi terorisme yang menimpa Paris. Aksi itu menewaskan lebih dari 100 orang dan lebih dari 300 orang kritis. Kejadian ini menimbulkan banyak reaksi seperti banyaknya netizen yang mengganti foto profilnya dengan bendera Prancis. Warga Twitter pun menyatakan dukungan pada Paris dengan tagar #PrayForParis.

Kalau Gadgeteers aktif di dunia maya, pasti Gadgeteers pun pernah melihat berita peristiwa-peristiwa yang menghebohkan itu. Selain 3 peristiwa di atas, masih ada perisitwa lain yang cukup mendapat perhatian para netizen, seperti kisah Ahmed Mohamed si bocah pembuat jam yang dituduh merakit bom, lalu NASA yang memotret Pluto dari jarak dekat, dan lainnya.

Topik Hot Lainnya:   Coolpad Note 3 Lite, Smartphone Murah dengan Spesifikasi "Monster"

https://www.youtube.com/watch?v=OEzyex2HvqA

via FB.com dan Tekno.kompas.com
diedit oleh WN