Beranda Berita

Facebook Rilis Fitur untuk Mencegah Orang Bunuh Diri

0
0

Baru-baru ini jejaring sosial raksasa Facebook meluncurkan fitur baru yang kegunaannya sama sekali tidak ada hubungannya dengan teknologi atau internet. Tetapi fitur ini dianggap punya manfaat yang besar. Apa sih? Yaitu fitur pencegah orang untuk bunuh diri.

Tapi fitur ini tentu bukan seperti bayangan banyak orang, atau robot yang bisa mengeluarkan suara dan berteriak “jangan!” ketika seseorang hendak menarik pelatuk pistol atau lompat dari gedung bertingkat. Fitur ini bekerja dengan cara membantu orang-orang yang peduli atau yang mengamati gerak-gerik sahabatnya yang berpotensi melakukan bunuh diri.

Cara kerjanya begini, apabila seseorang mengendus gelagat mencurigakan dari seorang teman dan ia menganggap sangat berpotensi mengarah ke bunuh diri, ia dapat melaporkannya ke tim Facebook melalui fitur pencegahan bunuh diri tersebut.

Tim Facebook yang terdiri dari orang sungguhan, stand-by 24 jam akan menganalisa laporan yang masuk kemudian melakukan langkah-langkah psikologi untuk mendekati si terlapor. Ketika terlapor masuk ke akun Facebooknya, ia akan mendapatkan pesan khusus di layar perangkat yang digunakan.

Selanjutnya ia dapat memilih untuk curhat soal permasalahan yang sedang dihadapi atau meminta tips untuk meringankan beban yang menggelayuti pikirannya.

Sementara si pelapor juga dapat dilibatkan untuk melakukan hubungan ke terlapor, menghimpun dukungan dari teman-teman lainnya atau bisa juga meminta saran kepada pakar.

Facebook mengklaim telah menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga kesehatan mental seperti Forefront, Now Matters Now, the National Suicide Prevention Lifeline, dan Save.org sebelum meluncurkan fitur ini.

Sayangnya fitur pencegahan bunuh diri ini baru diluncurkan untuk pengguna di wilayah Amerika Serikat. Namun tak tertutup kemungkinan negara lain juga akan memperoleh dukungan, Facebook sedang mengupayakan hal itu.

Topik Hot Lainnya:   70% Pendapatan Iklan Facebook Ternyata Berasal dari Platform Mobile

via Ubergizmo.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

13 − five =