Beranda Berita

Facebook Ungkap Alasan Banyak Orang Indonesia Masih Enggan Belanja Online

57
0

Sekarang ini, Indonesia bisa dibilang masih merupakan negara yang sedang berkembang. Ada sekitar 80 sampai 90 Juta orang di Indonesia yang dikabarkan sudah menggunakan internet, tetapi taukah Gadgeteers? Bahwa hanya sekitar 10 Juta orang saja di Indonesia ini yang mulai terbuka untuk menggunakan jasa belanja online.

Jarak yang cukup jauh itu tentunya mengundang pertanyaan, ada apa gerangan? Well ternyata alasannya dapat diungkapkan oleh salah satu petinggi Facebook untuk asia tenggara, Kenneth Bishop selaku Managing Director Facebook Southeast Asia mengatakan bahwa ada fakta menarik tentang negara berlambang burung garuda ini.

toko online
tokobagus.com

Ternyata tidak sedikit orang Indonesia yang masih belum mempunyai kartu kredit maupun debit sendiri, sehingga hal tersebut menghalangi dirinya untuk melakukan jasa belanja online. Selain itu masalah kepercayaan pun menjadi salah satu faktor yang membuat orang Indonesia enggan berbelanja online.

Disebutkan oleh Bishop bahwa masih banyaknya kasus penipuan yang terjadi di Indonesia membuat toko-toko online ini kurang sedikit dipercaya. Hal tersebut berbeda dengan yang terjadi di negara maju seperti Korea Selatan. Di negara yang memiliki julukan negeri gingseng tersebut disebutkan bahwa salah satu faktor penghambatnya adalah waktu observasi tentang barang apa yang akan dibeli, yah bisa dikatakan orang sana sangat teliti dengan apa yang akan mereka beli.

Seperti yang sudah disebutkan tadi bahwa faktor kepercayaan merupakan salah satu faktor penghambat enggannya orang Indonesia melakukan belanja online. Adapun begitu kepercayaan di sini tidak hanya tergantung dari apakah barang tersebut akan sampai ke tangan pembeli atau tidak, tetapi terhadap keaslian barang tersebut. Banyak konsumen yang lebih memiliki toko e-Commerce yang itu-itu saja karena keasliannya sudah tidak diragukan lagi.

Topik Hot Lainnya:   Cara Belanja di Bukalapak Menggunakan Aplikasi Android

Dari sana timbulah sebuah kesimpulan, bahwa dalam berbelanja online seseorang tidak bisa langsung menerapkan sebuah konsep bahwa barang mahal itu berarti bagus dan tahan lama, karena bisa saja barang tersebut merupakan replika atau imitasi semata.

Nah, apakah Gadgeteers salah satu orang yang kurang percaya dengan toko online? Atau malah ternyata lebih memiliki berbelanja online ketimbang harus pergi ke mall atau toko-toko komersil? Pilihannya ada di tangan Gadgeteers sendiri.

via Liputan6.com

featured image via techorg.com

diedit oleh WN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × three =