Spotify sebagai layanan streaming musik banyak menyediakan fitur yang mempermudah penggunanya dalam mencari lagu favorit. Walaupun begitu mungkin sebagian dari Gadgeteers tidak mengetahui masih banyak fitur dari Spotify yang tersembunyi dan sangat jarang dipakai, padahal jika Gadgeteers memakai fitur tersebut maka pengalaman mendengarkan musik di Spotify maka akan semakin menyenangkan. berikut beberapa fitur tersebut.

Pencarian Secara Detail

Mungkin Gadgeteers menggunakan fitur pencarian pada Spotify hanya untuk mencari judul lagu atau artis, tetapi tahukah sesungguhnya fitur pencarian di aplikasi ini bisa memunculkan semua album atau lagu yang dibawakan oleh artis tertentu dalam jangka waktu tertentu. Caranya cukup ketikkan nama artis atau nama grup band diikuti dengan rentang waktunya

Mengembalikan Playlist yang Terhapus

Di Spotify Gadgeteers bisa membuat playlist sendiri, nah jika tanpa sengaja playlist tersebut terhapus Gadgeteers masih bisa mengembalikannya dengan cara  membuka situs Spotify melalui web dan login menggunakan akun yang sama dengan akun Spotify yang sedang digunakan, lalu buka halaman Profil, dan cari menu Pulihkan Playlist.

Memainkan Musik Lewat Perintah Suara

Dengan bantuan Google Assistant, saat Gadgeteers ingin memutar musik di Spotify, tidak perlu repot untuk membuka terlebih dahulu aplikasi Spotify, cukup  diakses dengan perintah suara

Caranya, aktifkan dulu OK Google pada ponsel Gadgeteers jika belum , lalu katakan sesuatu seperti Mainkan lagu One Ok Rock di Spotify. Tunggu beberapa saat, maka Spotify akan terbuka secara otomatis dan memainkan lagu yang tadi diminta.

Meningkatkan  Kualitas Suara ke Tingkat Very High

Jika Gadgeteers berlangganan paket premium dari Spotify, maka  Gadgeteers bisa meningkatkan kualitas suara ke tingkat very high. Caranya Cukup buka Pengaturan lalu scroll hingga menemukan music quality. Terdapat lima pilihan yang bisa  dipilih, yaitu Automatic, Normal, high, dan very high.

Tentunya semakin baik kualitas suara maka semakin besar pula penggunaan kuota internet Gadgeteers, jadi bijaklah dalam memilih kualitas musik.

Membuat Collaborative Playlist

Di Spotify kita bisa membuat playlist musik yang kita sukai lalu mengajak pengguna Spotify lainnya untuk turut menambahkan musik yang disukainya. fitur ini ada pada Spotify yang bernama collaborative playlist.

Untuk bisa membuat collaborative playlist, Gadgeteers  harus membuka Spotify dari laptop, kemudian klik kanan di daftar playlist yang terletak di sebelah kiri aplikasi  Spotify, pilih Collaborative Playlist.

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.

Nurul Iman

Bertatapan dengan layar monitor dan internet dalah sebuah kenikmatan tersendiri