Beranda Analisa

Galaxy Note 4 dan Galaxy Note 5, Apa Bedanya?

70
0

Pada 13 Agustus kemarin, Samsung kembali meluncurkan smartphone flagship mereka, Galaxy Note 5. Dengan adanya label flagship di ponsel ini, sudah pasti Samsung akan habis-habisan soal kualitas dan spesifikasi, untuk menunjukkan kebolehan mereka dalam hal teknologi smartphone.

Ada beberapa perkembangan yang diberikan kepada Galaxy Note 5 dibandingkan pendahulunya, Galaxy Note 4, seperti kualitas layar, kamera yang bisa menghasilkan foto yang lebih baik, wireless fast charging, dan prosessor yang lebih bertenaga.

15003
Di sisi desain, Note 5 memperlihatkan perubahan yang mencolok dibanding note 4, yaitu penggunaan bahan metal dan kaca di bagian belakang, seperti yang bisa kita temui di Galaxy S6. Bentuk di bagian belakang Note 5 juga diberi bentuk melengkung dengan tujuan memberikan kenyamanan saat digenggam.

Walaupun memiliki ukuran layar yang sama, Note 5 terlihat lebih lebar karena memiliki bezel yang lebih tipis dibanding Note 4. S-Pen, yang menjadi trademark dari seri Note, mendapat sedikit perubahan berupa bahan yang terbuat dari metal dan ada tambahan tombol di bagian atas yang berfungsi sebagai per.

Di bagian dalam, Samsung memberikan kapasitas RAM 4GB pada Note 5, lebih tinggi 1GB dibanding seri Note 4. Note 5 juga mendapatkan peningkatan dalam hal kualitas audio. Ponsel ini sudah bisa memainkan audio 24bit/192kHz dan dapat meningkatkan kualitas suara dari file MP3 ke kualitas “UHQA” yang lebih baik.

Dalam hal kamera, tidak banyak perubahan yang didapatkan untuk Note 5, resolusi kamera depan bertambah dari 3.7MP menjadi 5MP dengan video digital image stabilization. Untuk kamera belakang, tidak ada perubahan di resolusinya, tapi ada penambahan fitur digital image stabilization. Samsung juga mengklaim kalau kamera belakang Note 5 bisa dijalankan dalam waktu 0.6 detik, lebih cepat dari Note 4 yang membutuhkan waktu 1.1 detik.

Topik Hot Lainnya:   3 Hal Menarik Dalam Peluncuran ASUS Zenfone 3 Indonesia

15001
Walaupun banyak mengalami perkebangan spek, ada beberapa hal yang dianggap sebagai kemunduran bagi sebagian pengguna. Samsung melanjutkan tren mereka untuk menghilangkan slot Micro SD dan baterai di Note 5 tidak bisa dicabut. Selain itu, ada sedikit pengorbanan yang dilakukan pada kapasitas baterai demi mendukung desain yang ada. Jika baterai Note 4 memiliki kapasitas 3220 mAh, baterai Note 5 hanya berkapasitas 3000 mAh.

Samsung mencoba memberikan kompensasi dari kelemahan itu dengan memberikan kapasitas memori internal yang lebih besar dibanding Note 4 (16GB atau 32GB), yaitu versi 32GB dan 64GB. Teknologi fast charging juga dianggap bisa menutupi kekurangan kapasitas baterai.

via Global.samsungtomorrow.com
featured image via androidcentral.com
diedit oleh WN