Beranda Berita

Bersama UGM, Google Bakal Hadirkan Android Berbahasa Jawa

7
0

Salah satu raksasa internet yaitu Google, mengumumkan bahwa mereka akan bekerja sama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) untuk membuat mesin text to speech yang bisa mengerti bahasa Jawa.
Kerja sama tersebut merupakan bagian dari Project Unison, proyek Unison merupakan sebuah proyek penelitian yang dilakukan oleh Google untuk membuat suara text-to-speech yang cepat, murah dan efisien, khususnya untuk bahasa dengan sumber referensi yang terbatas.

Google-Text-to-Speechtrendapk.com

Google menyebutkan bahwa di Indonesia, terdapat sekitar 80 juta orang berbicara bahasa Jawa. Karena hal itulah, Google pun berencana membuat perangkat berbasis Android untuk dapat menerima input dalam bahasa Jawa dan dapat membacakan teks-nya pula.

Sebenarnya, membuat fitur text-to-speech itu tidaklah mudah dan cenderung sulit untuk dilakukan. Apalagi untuk bahasa dengan sumber daya terbatas, oleh karena itu biasanya hal tersebut membutuhkan banyak data percakapan dan biaya yang cukup tinggi. Tetapi kini Google dapat dengan mudah mengumpulkan sampel suara, yaitu hanya dengan perangkat seharga 2,000 USD atau setara dengan Rp26,4 juta. Perangkat tersebut terdiri dari komputer, mikrofon, USB converter dan pre-amplifier.

Dengan kemajuan teknologi dalam hal pembelajaran mesin, Google menyebutkan bahwa mereka dapat membuat model suara dengan data yang terbatas.

Pihak UGM yang dipusatkan di Fakultas Ilmu Budaya, pada awal bulan Mei ini akan menyediakan ruangan dan peserta untuk mengumpulkan data audio dalam bahasa Jawa. Data yang dikumpulkan tersebut akan dibuat agar dapat diakses secara terbuka dalam waktu beberapa minggu ke depan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pengembang Indonesia untuk membuat teknologi dengan bahasa Jawa.

Sebelumnya, Google sebenarnya sudah berhasil menyelesaikan proyek Unison untuk bahasa Bengali, India, dengan total 210 juta orang penutur. Mereka pun telah berhasil menambahkan pilihan text to speech dalam bahasa Bengali di ponsel Android.

Topik Hot Lainnya:   [REVIEW] Game Jakarta Memilih, Aksi Pasangan Cagub di Dunia Virtual

via tekno.kompas.com
featured image via play.google.com
diedit oleh WN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

three × 5 =