Beranda Berita

Google Dikabarkan Akan Merilis Ponsel Androidnya Sendiri

7
0

Walaupun Nexus dikenal sebagai ponsel yang Google banget, sebenarnya Mereka sama sekali tidak pernah turun tangan langsung dalam proses penggarapannya. Google selalu menggelar tender yang diikuti oleh pabrikan ponsel dengan reputasi tinggi seperti HTC, LG, Huawei, dan Samsung.

Namun kali ini, muncul sebuah laporan dari The Telegraph yang mengatakan jika tahun ini Google memiliki rencana untuk merilis ponsel Androidnya sendiri.

cnet.com
cnet.com

Berita tersebut menyebutkan jika Google akan menangani desain, software, dan proses perakitan sendiri dari awal sampai akhir. Ponsel ini pun tidak akan diberi nama Nexus. Apa yang dilakukan oleh raksasa internet ini mirip dengan apa yang sudah dilakukan Apple sejak lama. Meskipun mengimpor komponen tertentu seperti modul kamera dan chip prosesor dari vendor lain, Apple adalah pihak yang membuat keputusan akhir dalam pemilihan hardware dan software agar bisa mengontrol pengalaman pengguna yang lebih baik.

Sampai saat ini, berita dari The Telegraph tersebut masih berstatus rumor dan Google belum memberikan tanggapan resmi. Jika benar, maka vendor-vendor lain pantas khawatir dengan langkah ini karena Google akan punya kendali lebih dan bisa memaksa mereka untuk lebih peduli dengan kebijakan pembaruan sistem operasi Android.

Pasalnya, salah satu kelemahan Android yang banyak dikeluhkan oleh pengguna adalah lambatnya atau malah tidak adanya update sistem operasi secara berkala. Buktinya, saat ini hanya ada 7.5% Android yang telah menggunakan sistem terbaru 6.0 Marshmallow, padahal sudah lebih dari setengah tahun sejak sistem ini diresmikan. Sebagai perbandingan, iOS 9 sudah dimiliki lebih dari 80% perangkat dan iOS 10 masih bisa dinikmati oleh ponsel lawas sekelas iPhone 5.

via Theverge.com

WN

Topik Hot Lainnya:   Lebih Murah, AMD Ryzen 3 Tiba di Tanah Air

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

one × one =