Beranda Berita

Google Manfaatkan Film Inside Out untuk Mengajarkan Coding ke Anak-anak

5
0

Bicara tentang pemrograman, sebelumnya hanya orang-orang tertentu saja yang bisa melakukannya. Bahkan, sebelum berkembangnya internet, anak-anak tidak diwajibkan memiliki kemampuan memprogram komputer. Namun dengan semakin pesatnya perkembangan internet, anak-anak dituntut agar memiliki kemampuan tersebut, paling tidak pemahaman dasarnya.

Untuk mempermudah anak-anak dalam mempelajari pemrograman komputer, ada begitu banyak mainan yang dilengkapi dengan aplikasi. Dengan ini, anak-anak tersebut akan lebih mudah memahami konsepnya. Tak hanya dengan mainan, pengenalan konsep program komputer juga dilakukan melalui beberapa karakter di film terkenal seperti Doctor Who yang mempermudah anak dalam memahami coding.

theverge.com
theverge.com

Upaya yang sama dilakukan Google yang tak mau kalah dalam mengajarkan anak tentang program komputer dengan cara yang lebih mudah dipahami yaitu menggunakan film Inside Out besutan Pixar. Di dalamnya terdapat beberapa tantangan tutorial coding yang memungkinkan anak-anak untuk menghidupkan adegan dari film tersebut. caranya, anak diharuskan menyeret dan memindahkan potongan kode untuk menyelesaikan masalah.

Disebut dengan nama Google’s Made With Code Program, ini merupakan salah satu langkah inisiatif Google dalam mendorong perempuan agar lebih mengeksplorasi ilmu komputer. Sayangnya, dikarenakan untuk anak-anak, tutorial ini hanya terdiri dari tiga level saja. Namun demikian, diharapkan bahwa tutorial tersebut akan mampu menarik minat anak-anak dalam mempelajari program komputer lebih jauh lagi.

Bagi orang tua yang ingin anaknya mempunyai ketertarikan dalam mempelajari program komputer, anda bisa melihat situs Google’s Made With Code Program ini untuk informasi lebih lanjut.

via Engadget.com
featured image via Google.com
diedit oleh WN

Topik Hot Lainnya:   Caplok Talenta Project Ara, Facebook Ingin Kembali Garap Smartphone?