Beranda Berita

Google Perkenalkan Penerus KitKat, Android “L”

5
2

Setelah 8 bulan sejak update terakhir, Google akhirnya kembali menelurkan penerus KitKat. Dalam gelaran event I/O baru-baru ini Google memperkenalkan sejumlah teknologi baru salah satunya adalah Android L yang akan meneruskan dinasti Android.

Sebagai sistem operasi baru, tentunya ada banyak ekspektasi yang bertumpu di pundak Android L. Berikut adalah beberapa keynote fitur dan kemampuan baru yang dibawa oleh Andoid L berdasarkan presentasi yang dibawakan oleh Sundar Pichai. Dalam presentasinya Sundar Pichai mengatakan bahwa Android L akan menjadi sistem operasi paling komprehensif dalam sejarah Android.

Android-L-TN-1

Material Design Baru

Android L membawa sejumlah perubahan di mana hal besar pertama adalah Material Design baru yang memungkinkan OS ini memiliki banyak rombakan misalnya berupa tampilan baru, lebih mudah ditungkan, lebih cepat, lebih berwarna dan lebih menyenangkan.

Sisi animasi tatap muka mendapatkan sentuhan yang lebih berwarna sehingga ketika pengguna men-tap tombol, men-slide dan mengakses navigasi maka akan didapat pengalaman yang lebih berwarna dan serba baru.

Fungsionalitas yang Lebih Baik

Sisi desain bukan satu-satunya sentuhan baru Android L, fitur dan fungsi-fungsi yang lebih baru juga dihadirkan dalam berbagai hal. Misalnya fitur pencarian yang lebih cepat dari sebelumnya. Salah satu amunisi barunya adalah rediscovery, di mana Google Search akan lebih memahami apa yang dilakukan pengguna sebelum mencarinya di internet. Kemudian dengan akurat memberikan rekomendasi kata kunci.

Android-L-search

Notifikasi Baru

Fitur lain yang dirombak adalah sektor notifikasi di mana Google meningkatkan fungsi notifikasi yang sudah ada dalam 2 cara. Pertama, notifikasi sekarang lebih atraktif di mana bila pengguna melakukan double tap dari lockscreen maka akan langsung membuka aplikasi terkait. Kedua jendela notifikasi kini dirancang dengan ukuran yang lebih besar sehingga memudahkan pengguna untuk memutuskan tindakan selanjutnya.

Topik Hot Lainnya:   Google Resmi Perkenalkan Google Home dan Google Wifi

Android-L-notifications
Performa Yang Lebih Baik

Sektor performa rasanya sulit untuk ditinggalkan, bagaimanapun juga pengguna lebih memilih performa ketimbang fitur baru lain. Di Android L pengguna dipastikan memperoleh peningkatan performa, pertama Android membuat transisi ke ART runtime. Kedua, Google menghadirkan “Android Extension Pack” yang membawa sejumlah perbaikan performa GPU. Ketiga, Google mempersiapkan Project Volta untuk mengeliminasi aplikasi boros baterai.

Android-L-ART

Sederhananya, Google menjamin peningkatan performa 2 kali lebih baik, dibuktikan dalam benchmark terbaru di mana didapatkan peningkatan performa ART hingga 400%.

via Phonearena.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

two × 4 =