Beranda Berita

Hati-hati, Ada Penjual Nakal Manfaatkan Ajang Harbolnas

3
0

Tentunya semua orang menyukai diskon, salah satu kesempatan mendapatkan diskon tersebut adalah dengan berbelanja pada Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang digelar hampir semua toko online pada 10-12 Desember 2015. Namun demikian, sebelum berbelanja ada baiknya Gadgeteers meneliti apakah diskon yang diberikan tersebut benar adanya atau tidak.

Jika diperhatikan, ada beberapa diskon yang termasuk kategori ‘tidak wajar.’ Sebagai contoh, diskon yang diberikan mencapai 99% dari harga awal. Kenyataannya, bukanlah diskon yang diberikan sangat besar, melainkan harga awal telah dinaikkan terlebih dahulu. Bahkan, toko online Lazada pun melakukan hal yang sama.

Kompas.com
Kompas.com

Seperti yang dikutip dari Teknokompas, Jum’at (11/12/2015), smartphone LG Leon yang dijual di Lazada dari harga Rp25 juta menjadi Rp1,8 juta setelah di diskon 93%. Jika Gadgeteers teliti, smartphone LG Leon tersebut mengusung layar 4,5 inci, memori RAM 1GB, penyimpanan internal 8GB, dan prosesor quad core 1.2GHz, yang bisa dipastikan harganya tidak mungkin mencapai Rp25 juta.

Update terbarunya, CEO Lazada Indonesia Magnus Ekbom meminta maaf terkait diskon palsu tersebut. “Kami memohon maaf untuk hal ini dan kami akan terus memastikan untuk meningkatkan proses kontrol kualitas,” tulis Magnus.

Sementara itu, Public Relation Manager Lazada Indonesia Tania Amalia mengatakan bahwa para seller nakal tersebut telah diblokir dan dihentikan kerja samanya.

Selain Lazada, situs belanja MatahariMall juga memberikan diskon palsu tersebut. sebagai contoh, kamera GoPro Hero 4 Session dijual seharga Rp4,9 juta setelah diskon. Kenyataannya, di situs Focus Nusantara, harga jual sebenarnya dari kamera tersebut adalah Rp4,9 juta.

Untungnya, tak semua diskon yang diberikan Lazada ataupun MatahariMall adalah diskon palsu. Masih ada beberapa produk yang memang di berikan diskon besar-besaran. Jadi, agar tidak tertipu, ada baiknya  mencermati diskon yang diberika dan harga jualnya di toko online tersebut sebelum Gadgeteers melakukan transaksi pembelian. Selamat berbelanja!.

Topik Hot Lainnya:   Perbedaan Samsung Galaxy Note 7 dan Note 8

via Tekno.kompas.com
diedit oleh WN