Beranda Berita

Hati-hati “Jebakan Batman” dengan Iming-iming iPhone 6 Gratis Beredar di WhatsApp

3
0

Siapa yang tidak mau iPhone 6 gratis? Tentu saja semua orang menyukai ide tersebut. Belum lama ini beredar sebuah pesan berantai di aplikasi WhatsApp yang isinya mengatakan bahwa Apple memberikan 1000 iPhone 6 terbaru secara cuma-cuma atas dibukanya toko terbaru Apple yang ke-1000.

Di pesan tersebut juga dicantumkan tautan situs yang wajib dibuka oleh penerima pesan jika ingin memenangkan iPhone gratis tersebut. Tentu saja pesan ini sangatlah menggoda. Namun, yang tidak diketahui semua orang adalah bahwa pada saat pengguna mengklik tautan tersebut, maka akan muncul situs Google Rumania, yang pada akhirnya hanya akan membawa pengguna pada situs tipuan perangkat smartphone.

zdnet.com
zdnet.com

Yang menarik, situs tersebut memiliki desain yang sangat menarik dan di dalamnya terdapat sebuah video yang menampilkan suasana sebuah toko dimana banyak customer yang sedang mengantri. Diperkirakan toko tersebut adalah salah satu Apple Store sehingga dapat lebih meyakinkan para pengaksesnya.

Tak hanya itu, situs tersebut juga telah disesuaikan dengan profil dari para pengaksesnya yang berarti jika pengakses berasal dari Indonesia, maka bahasa yang ditampilkan adalah bahasa Indonesia dan seterusnya. Selanjutnya pengakses diharuskan menjawab pertanyaan dan juga mengisi survey.

Yang harus diingat adalah pesan tersebut tidak benar adanya dan bisa digolongkan sebagai kejahatan cyber, dimana tujuannya hanyalah mengambil keuntungan secara finansial dari para pengakses. Selain itu, pengakses juga harus mewaspadai pencurian kredensial ataupun instalasi malware pada saat yang bersamaan.

via Vaksincom

Topik Hot Lainnya:   Samsung Perkenalkan Galaxy J7 Prime. Ini Spek dan Harganya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eleven − five =