Beranda Tips

Hati-hati Ponsel Palsu Rakitan Batam! Begini Cara Bedakan Ponsel Rakitan dan Asli

57
0

Pernahkah Gadgeteers melihat ponsel canggih dengan harga yang murah? Bila iya, maka Gadgeteers harus berhati-hati dengannya! Kalau ponsel tersebut memang sudah memiliki kendala serius, bisa jadi lho ponsel tersebut merupakan ponsel rakitan. Nah, ponsel rakitan tersebut tentunya memiliki kualitas yang sangat jauh berbeda dengan kualitas ponsel aslinya.

Sekarang ini, tidak sedikit orang yang tertipu dengan ponsel seperti itu, memang sih luarnya mulus, tapi bagaimana dengan mesin dalamannya? Tidak bisa dibayangkan! Untuk mengatasi hal tersebut, @GadgetGaul memberikan tips bagaimana cara membedakan ponsel rakitan dengan yang asli di bawah ini:

1. Menggunakan Baterai Yang Abal-Abal

Bateraiytimg.com

Saat memeriksa ponsel, pastikan Gadgeteers memeriksa terlebih dahulu baterai ponselnya. Apabila ternyata di dalamnya terdapat baterai yang kurang dipercaya seperti abal-abal, Gadgeteers harus patut curiga karena bisa jadi itu ponsel rakitan. Namun kendati ponsel tersebut bukan rakitan pun Gadgeteers harus tetap berhati-hati ya, karena baterai palsu dapat memicu masalah pada ponsel. Tidak mau kan ponsel Gadgeteers tiba-tiba terbakar dan meledak?

2. LCD Tidak Pas atau Kerap Terangkat

layar-ponsel-rusak-800x445mastel.id

Tidak bisa memeriksa baterai ponsel karena ternyata ponsel tersebut merupakan tipe yang casing bagian belakangnya tidak bisa dibuka? Tenang, masih ada cara lain! Yaitu dengan mengecek layar LCD pada ponsel. Layar pada ponsel hasil rakitan biasanya tidak terpasang dengan pas dan kadang kerap terangkat sedikit bila Gadgeteers berikan sedikit tekanan yang bertenaga.

3. Casing Ponsel Memiliki Banyak Bekas Lem

lemtokopedia.com

Ketika merakit ponsel, tentunya seorang perakit harus membuka terlebih dahulu dalaman ponselnya. Nah, tentunya memasangnya lagi pun bukan hal yang mudah. Bila ponsel tersebut benar-benar dikerjakan oleh developer aslinya, maka akan dikerjakan di pabrik yang tentunya mereka memiliki cara khusus untuk merapatkan bagian-bagian ponsel terutama bagian casing-nya. Sementara untuk perakit abal-abal? Biasanya menggunakan lem super dan pemasangannya pun tidak hati-hati. Kadang di sekitaran casing ponsel sudah banyak bekas lem yang sudah mengering sehingga tidak bisa dibersihkan dari permukaan ponsel. Bila Gadgeteers melihat hal tersebut, sebaiknya segera berhati-hati.

Topik Hot Lainnya:   4 Board Game Terbaru Gratis untuk iOS dan Android di Tahun 2018

4. Embel-embel BlackMarket DoCoMo Jepang

tata-docomo-759indianexpress.com

DoCoMo merupakan salah satu retail yang berasal dari Jepang, hanya saja kadang tidak sedikit ponsel rakitan yang menyertakan logo DoCoMo pada ponselnya, padahal sebenarnya logo tersebut bukanlah buatan DoCoMo asli, melainkan buatan tangan dirinya sendiri.

5. “Barang Mulus Like New”

Ponselcnet.com

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan istilah “Barang mulus like new“, hanya saja kalau membeli ponsel rakitan, pastinya itu sudah bukan lagi ponsel baru dan merupakan ponsel bekas. Sekali lagi, walaupun mulus, tetapi bila dalamannya tidak sesuai dengan tampilan luar, sama saja membuat Gadgeteers tidak puas kan? Oleh karena itu tetaplah berhati-hati!

featured image via metrotvnews.com
WN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

three × 5 =