Beranda Berita

IBM Berencana Membangun Otak Dalam Kotak

6
0

Sepintar-pintarnya smartphone, mobil, komputer, atau gadget dan alat-alat lainnya pasti tidak akan lebih pintar daripada otak manusia. Namun, bagaimana bila itu terjadi? Bagaimana kalau ternyata alat dan gadget tersebut bisa sepintar otak manusia?

url(computerwelt.at)

IBM sebuah perusahaan teknologi Amerika Serikat yang menjual dan memproduksi perangkat keras dan lunak untuk kebutuhan bisnis dan pemerintahan ini sedang mengembangkan ide tersebut. Ide bahwa gadget dan alat yang sekarang Gadgeteers gunakan, bisa sepintar otak manusia.

Dalam berbentuk chip, yang bernama TrueNorth ini ditanamkan dengan 5.4 miliar transistor. Chip ini merupakan chip terbesar dari chip semikonduktor oksida logam yang pernah dibuat oleh manusia. Nah, nantinya chip ini bakalan ditanamkan kedalam sensor mobil pintar, aplikasi komputasi awan atau smartphone.

Chip TrueNorth ini diharapkan memiliki kemampuan informasi pengolahan dalam dunia nyata seperti mengenali suara atau wajah dalam kerumunan bergerak. Bagaimana cara kerjanya?

neurosynaptic-core(kurzwelai.net)

Sama seperti otak manusia, dengan 1 miliar neuron yang terhubung secara paralel mengirim sinyal-sinyal informasi. Bedanya Chip IBM terdiri dari 1 juta neuron dan 256 juta sinapsis yang menyampaikan sinyal neuron digital.

Dharmendra Modha, kepala ilmuan dalam tim yang mengembangkan chip ini mengatakan bahwa mereka berencana membangun otak dalam kotak dengan 100 miliar sinapsis yang mengkonsumsi 1 kilowatt daya.

Hmm, bila itu terjadi. Kepintaran otak manusia kemungkinan besar bakalan disamai oleh chip tersebut. Menarik? Kita tunggu saja kabar selanjutnya apakah mereka berhasil mengembangkan ide tersebut menjadi kenyataan 🙂

featured image via cbc.ca

 

Topik Hot Lainnya:   Google Tambahkan Fitur Berkirim Pesan di Aplikasi Maps

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

five × 3 =