Beranda Berita

Ilmuwan Ciptakan Ponsel Tanpa Baterai

1
0

Ilmuwan di University of Washington, Amerika Serikat, baru saja menemukan sebuah teknologi terbaru, yakni ponsel yang dapat hidup tanpa baterai. Sebagai sumber energinya, ponsel tersebut mengambil energi cahaya. Karena itu, ponsel pun didesain sehingga tidak membutuhkan banyak microwatt saat digunakan untuk melakukan atau menerima panggilan.

Menurut Profesor Shyam Gollakota yang merupakan pimpinan proyek tersebut, ponsel miliknya akan mengonsumsi daya sangat rendah sehingga hanya dibutuhkan tenaga dari lingkungan sekitar.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, ponsel itu pun dilengkapi sebuah komponen khusus yang berfungsi untuk menyerap cahaya lampu di sekitar. Komponen ini sendiri juga masih dikembangkan sehingga sumber cahaya yang diserap bisa lebih banyak. Dengan demikian, daya ponsel pun akan semakin tahan lama.

BatteryFreePhone-UW

Gollakota mengatakan bahwa ponsel tanpa baterai ini belum akan benar-benar selesai dalam waktu dekat dan belum tahu kapan akan dipatenkan. Tetapi Ia mengatakan bahwa nantinya ponsel tersebut diklaim tidak akan membutuhkan konsumsi daya sama sekali.

Untuk sementara, ponsel yang tengah dikembangkan para ilmuwan ini merupakan prototype dan memiliki tombol angka yang dilengkapi lampu LED. Ilmuwan juga berencana memasang layar e-ink dan perangkat audio yang irit daya.

Tentunya jika ponsel tanpa baterai ini berhasil diciptakan, maka akan banyak vendor teknologi, khususnya ponsel, yang tertarik untuk mengadopsi teknologi tersebut. Dengan demikian, pengguna tidak perlu repot mengisi ulang daya ponsel.

via Cnet.com
WN

Topik Hot Lainnya:   Oppo A77 Meluncur dengan Kamera Selfie 16MP dan RAM 4GB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

9 − 3 =