Beranda Berita

Ilmuwan Kembangkan Robot Ahli Bedah Berbentuk Gurita

1
0

Inspirasi terbukti jadi sesuatu yang hanya dapat diberikan oleh Sang Pencipta lewat makhluk hidup, alam dan jagat raya. Ada banyak penemuan inovatif yang ditemukan dengan ide yang diinspirasi oleh semua itu. Misalnya robot khusus yang diinspirasi oleh gurita.

Robot ini mempunyai tangan dan lengan yang mampu bergerak dengan halus. Memberikan inspirasi bagi para ilmuwan untuk melakukan prosedur bedah.

640_octopus-arm

Namun menciptakan robot yang mampu memegang dengan baik tanpa menghadirkan resiko cidera pada pasien adalah sebuah tatangan serius yang tidak mudah. Beberapa ilmuwan telah melahirkan alat semacam ini, tapi belum ada yang seunik dan semenarik robot gurita.

Robot ini diciptakan oleh sebuah tim dari Italia, mereka telah berhasil membuat sebuah robot bedah yang diilhami dari tentakel gurita, di mana ia menawarkan tiga ruang silinder terhubung. Lengan-lengan tersebut bisa menekuk 255 derajat dan meregang hingga 62 persen dari panjang aslinya, dan dalam eksperimen yang dilakukan, robot menavigasikan balon licin yang mewakili organ dalam manusia.

Saat ini memang masih jauh jika berharap robot ini akan segera mengenakan pakaian dinas dokter bedah. Sebab eksperimen ini hanyalah bagian kecil dari serangkaian tes yang akan dilakukan. Tapi setidaknya di masa depan kita akan punya banyak opsi dokter beda jika mulai tidak percaya dengan dokter manusia sungguhan.

via Popsci.com
featured image via BBC.co.uk

Topik Hot Lainnya:   5 Game Legendaris PS2 yang Masih Seru Dimainkan Saat ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 × 5 =