Beranda Berita

Ilmuwan MIT Ciptakan Robot yang Bisa “Melahirkan”

1
0

Para peneliti MIT memang terkenal akan kejeniusan mereka dalam menciptakan robot. Jika sebelumnya mereka menciptakan robot yang dapat meniru dan merefleksikan gerak-gerik dan juga kebiasaan manusia, belum lama ini para peneliti di Cambridge sukses melakukan sebuah terobosan baru dimana mereka menciptakan robot intelijen yang bisa ‘melahirkan anak.’

Proses melahirkan anak ini tentu saja tak seperti proses melahirkan yang lazim terjadipada manusia. Proses tersebut dapat terjadi karena robot tersebut telah diprogram sehingga dapat menciptakan robot yang lebih kecil. Tak hanya itu, sang ‘ibu’ robot juga dapat melakukan pengamatan dan pengawasan terhadap perkembangan ‘anak’ robotnya. Yang menarik, robot tersebut melakukannya tanpa adanya bantuan manusia ataupun bantuan lainnya alias sendiri. Dengan kata lain, robot tersebut dapat mengembangkan dan memodifikasi bayinya.

MomBotThumb

Para peneliti berharap bahwa robot yang mereka ciptakan nantinya akan dapat menciptakan bayi yang terbaik. Mereka juga berambisi bahwa di masa depan mereka akan menciptakan robot yang memiliki karakter menyerupai manusia sehingga anak dari robot tersebut tidak akan memiliki wujud ataupun karakter yang sama dengan ibunya tersebut.

Salah satu alasannya adalah karena para robot cenderung membangun sesuatu yang sama secara berulang-ulang. Lebih lanjut dikatakan bahwa dalam menciptakan robot, para peneliti tidak menggunakan algoritma genetik yang sama.

Penasaran robot seperti apa lagi yang akan diciptakan para peneliti tersebut di masa yang akan datang? Kita tunggu saja. Untuk sekarang, simak bagaimana aksi si robot di video ini:

via Mashable.com
diedit oleh WN

Topik Hot Lainnya:   Inilah 3 Ringtone Baru Nokia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

five × four =