Beranda Berita

Indosat Siap Tawarkan Layanan 4G LTE di Akhir 2014

9
0

Operator telekomunikasi GSM lokal, Indosat Kamis lalu menggelar uji coba jaringan 4G LTE di 23 kota di seluruh Indonesia bertepatan dengan perayaan ulang tahun mereka yang ke-47. Menurut keterangan CEO Alexander Rusli, pre-trial jaringan 4G LTE mereka menggunakan frekuensi 10MHz di spektrum 1.800 MHz dan agregat 5 MHz di 900 MHz.

Setelah melakukan pembaruan di 23 jaringannya tersebut, Indosat tengah dalam persiapan untuk menggelar layanan jaringan 4G LTE kepada konsumen yang direncanakan sebelum tutup tahun 2014 sebagaimana himbauan Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara.

techno.okezone.com
techno.okezone.com

Pihak Indosat mengaku antusias dengan persiapan ini, namun menurut Alexander Rusli mungkin akan diterapkan secara bertahap. Meski uji coba ini melibatkan 23 kota namun kemungkinan tidak semua titik akan mendapatkan jatah jaringan.

Dikutip dari Kompas Tekno, Kamis (20/11/2014), bahwa pihaknya ingin mengamati dahulu bagaimana respon pengguna dan tentu kesiapan perangkat mereka. Mereka tidak ingin jaringan ini terbuang percuma, sudah disiapkan tetapi pemakainya tidak ada. Hinga saat ini belum diketahui kota-kota mana saja yang akan memperoleh jatah jaringan 4G LTE.

Selain menawarkan jaringan 4G LTE, Indosat juga masih mengolah jaringan 3G dan 2G. Terkait jaringan terakhir, sempat muncul gagasan untuk menutup akses layanan 2G untuk menghindari perpindahan jaringan dari 4G ke 3G atau malah ke 2G yang disebabkan karena perangkat justru hanya bisa tersambung ke jaringan generasi ke-2 tersebut.

Apalagi saat ini 70% pengguna Indosat masih menggunakan jaringan 2G, beberapa pengguna yang memiliki perangkat 3G pun biasanya lebih memilih 2G yang dinilai cukup layak untuk sekedar mengirim pesan chat.

Dalam uji coba kemarin, ada 23 kota yang dilibatkan antara lain Medan, Lampung, Mataram, Balikpapan, Makassar, Banjarmasin, dan Samarinda serta beberapa kota-kota lain di Pulau Jawa.Selain Indosat, operator lokal lain yang sudah menjajal jaringan 4G LTE diketahui ada XL Axiata yang mulai lebih dulu. Sementara Bakrie Telecom dan Smartfren dikabarkan masih sedang dalam proses merger.

Topik Hot Lainnya:   Cara Pasang ROM Huawei EMUI 3.1 di Smartfren Andromax Qi

via Tekno.kompas.com
featured image via gadgetan.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

8 − eight =