Beranda Tips

Ini Kebiasaan Manusia yang Perlahan Hilang Gara-gara Teknologi

12
0

Teknologi hadir untuk membantu mempermudah pekerjaan manusia, tetapi karena hal yang terlalu mudah tersebut, kita pun sebagai manusia yang menggunakan teknologi jadi kehilangan beberapa kebiasaan bahkan kemampuan yang pada dasarnya dahulu kita sangat kuasai.

Hal-hal di bawah ini tidak menyebutkan bahwa semua orang kehilangan kemampuan atau lepas dari kebisaan itu, lantas kebiasaan atau kemampuan apa saja yang sebenarnya hilang karena hadirnya teknologi? Berikut adalah kebiasaan atau kemampuan yang hilang akibat hadirnya teknologi ke dalam hidup manusia:

Berhitung

menghitungmelindahospital.com

Sebelum munculnya teknologi seperti kalkulator, Gadgeteers akan mengenal sempoa. Alat bantu hitung sempoa itu begitu klasik dan sekarang penggunaannya tidak terlalu banyak terlihat. Kemunculan kalkulator saja tidak cukup, ketika invasi dari ponsel datang, eksistensi kalkulator sebagai alat hitung utama pun mulai terlihat. Tidak tanggung-tanggung sekarang ini kadang 5 x 5 saja orang-orang harus menggunakan kalkulator. Alasannya: Memastikan.

Berkirim Surat

Suratamazonaws.com

Dahulu, ketika ingin menghubungi orang yang tidak dekat dengan kita. Kita menggunakan media surat. Sayangnya dalam kegiatan surat-menyurat ini, tidak bisa instan begitu saja. Kita harus menunggu beberapa hari untuk mendapatkan balasan. Kalau sekarang? Santai saja, sudah ada SMS atau paling tidak chatting.

Berkomunikasi Langsung 

Berbicarasatuharapan.com

Untuk melakukan komunikasi intens yang serius, dahulu kita akan melakukannya secara verbal maupun empat mata. Sekarang, tidak sedikit orang yang lebih mengungkapkan perasaan seriusnya menggunakan pesan instan seperti chat maupun SMS. Selain itu, karena hadirnya teknologi semacam smartphone, orang akan lebih memperhatikan dan lebih memilih untuk terus focus kepada ponselnya daripada berbicara dengan orang lain. Coba lihat sekarang, banyak orang ketika berkumpul di suatu café mereka akan memperhatikan ponsel mereka satu sama lain tanpa adanya pembicaraan yang berarti.

Topik Hot Lainnya:   Notebook Odyssey, Laptop Gaming Pertama Garapan Samsung

Bertemu dengan Orang Lain

smartphonemenyedihkan_2winpoin.com

Diibaratkan sepasang kekasih yang sedang dilanda rasa rindu. Lalu muncul lah sebuah teknologi video call. Rasa rindu tersebut akan sedikit demi sedikit terobati setidaknya walaupun tidak bertemu secara fisik. Nah, tidak sedikit orang yang mulai terjerumus ke dalam jurang ini dan menganggap bahwa bertemu dengan orang lain tidaklah lagi penting karena sudah ada teknologi video call. Kalau sudah begitu, bahaya besar lho!

Menulis

writing.com

Anak muda dahulu senang menulis sebuah diary. Buka catatan harian tersebut sekarang sudah mulai berkurang karena hadirnya mesin ketik seperti laptop dan PC. Kali ini, orang-orang lebih suka untuk mengetik daripada menulis. Memang sih menulis akan membuat tangan cepat pegal daripada mengetik. Tetapi bukankah ada sesuatu yang tidak bisa dilakukan oleh mesin tik dan bisa dilakukan oleh tulisan? Seperti membaca karakter seseorang melalui tulisan?

Selain lima poin di atas, masih banyak hal-hal yang sebenarnya kita kuasai bahkan menjadi kebiasaan kita namun karena hadirnya teknologi hal tersebut menjadi pudar akhirnya hilang.

featured image via entrepreneur.com
WN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

fourteen + 12 =