Beranda Tips

Ini Tanda-Tanda Ponsel Kamu Sudah Diserang Peretas

4
0

Akhir-akhir ini isu penyadapan dan peretasan memang semakin sering terdengar. Tentu saja tujuan dari peretasan ini bisa berbeda-beda sehingga bukan tidak mungkin ponsel orang biasa saja turut diserang peretas atau penyadap. Jika Gadgeteers penasaran, coba perhatikan tanda-tanda ini di ponsel Gadgeteers untuk mengetahui apakah ponsel Gadgeteers berhasil disusupi pihak ketiga.

shutterstock_220712806-970x546

Baterai lebih boros

Beberapa malware dapat membuat baterai lebih boros. Meski demikian, baterai juga bisa lebih boros karena sebab-sebab lain seperti usia baterai yang sudah lama atau karena penggunaan aplikasi secara berlebih, jadi selalu cek konsumsi baterai ponsel Gadgeteers.

Konsumsi kuota berlebih

Jika Gadgeteers merasa bahwa kuota data lebih cepat habis padahal pemakaiannya biasa saja, lebih baik cek ulang penggunaan data ponsel. Ketika pihak ketiga menyusup, bisa saja mereka turut menggunakan kuota data.

Performa ponsel terganggu

Ketika performa ponsel mulai tidak maksimal, Gadgeteers bisa mengatasinya dengan menghapus cache atau aplikasi yang tidak terpakai. Tetapi, jika Gadgeteers sudah melakukan itu dan tetap tidak berhasil, ada kemungkinan ponselmu sudah disusupi oleh malware.

Adanya pesan aneh

Terkadang, penyusup akan mengirimi pesan aneh yang terlihat seperti karakter atau simbol yang acak. Pesan inilah yang dapat membuka celah bagi mereka untuk masuk dan mengambil data dari ponsel Gadgeteers, sehingga sebaiknya jangan diamkan dan langsung cek ponsel jika ada pesan serupa masuk.

Muncul aplikasi baru tanpa sepengetahuan

Pada beberapa kasus, penyusup akan memasang aplikasi baru tanpa sepengetahuan Gadgeteers. Bahkan, keberadaan aplikasi ini hanya bisa dicek saat Gadgeteers melihat aplikasi apa saja yang berjalan di background ponsel. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya unduh aplikasi secara resmi.

WN

Topik Hot Lainnya:   Perbedaan Antara Port HDMI, DisplayPort, VGA, DVI, MHL, dan Thunderbolt

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

6 + 5 =