Beranda Berita

Internet Gratis Facebook Dilarang di India

3
0

Layanan internet gratis yang digalang oleh Facebook, Free Basics dapat batu sandungan serius di India. Setelah otoritas setempat mengumumkan pemblokiran sampai investigasi selesai dilakukan. Demikian tulis Wired sebagaimana dikutip oleh @GadgetGaul.

Gonjang-ganjing internet gratis yang dulunya bernama Internet.org ini memang sudah memanas jauh-jauh hari. Isu netralitas dan fair play internet masih jadi isu paling utama. Pasalnya, Free Basics hanya merangkul sejumlah situs dalam program ini, antara lain Facebook, WikiPedia, BBC, situs kesehatan dan cuaca. Sementara apabila pengguna mengunjungi situs selain itu, akan tetap dikenakan biaya data yang berlaku.

newsroom.fb.com
newsroom.fb.com

Perbedaan inilah yang memancing perdebatan panas di banyak negara, dan pemerintah India menangkap sinyal ini dengan serius. Tak hany Free Basics, layanan serupa yang menawarkan perbedaan perlakuan juga dilarang.

“Tak ada layanan yang boleh menawarkan tarif diskriminatif untuk mengakses konten pada layanan-layanan tertentu,” kata perwakilan Telecom Regulatory Authority of India (TRAI).

Sementara itu juru bicara Facebook mengakui pemblokiran ini dan segera mengambil langkah-langkah prioritas dengan operator dan pemerintah setempat. Di Indonesia sendiri layanan Internet.org baru merangkul operator Indosat, jangkauan situsnya pun sama, masih terbatas pada situs-situs tertentu.

via Wired.com

featured image via newsroom.fb.com

diedit oleh WN

Topik Hot Lainnya:   3 Cara Ringan Mengurangi Kecanduan Media Sosial

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 × two =