Beranda Analisa

iOS 8 vs Android KitKat, 4 Hal yang Membuat Mereka Menarik

7
0

Kemunculan iOS 8 membuat para pencinta Android kalap, apakah mereka terus meneruskan cintanya terhadap Android atau harus pindah hati dan mulai menggunakan device yang mendukung iOS. Banyak sekali fitur keren yang disajikan iOS 8 yang membuat semuanya terlihat menjadi lebih mudah, tidak hanya itu saja, siri yang kali ini menjadi lebih pintar membuat banyak dari Gadgeteers yang bingung, apakah tetap setia? atau pindah ke lain hati?

1) User Interface

iOS

ios8mar20-775x437(typhoonpc.com)

Sebetulnya, iOS 8 ini tidak jauh berbeda dengan iOS sebelum-sebelumnya, icon aplikasi yang terlihat lebih nyata dan elegan. Selanjutnya bisa dibilang Apple meniru Android, akses cepat yang bisa dilakukan di mana saja hanya dengan men-double tap layar iPhone Gadgeteers. Tersedianya juga akses quick setting yang sama persisnya dengan Android.

Lalu ada Keyboard, iOS 8 kali ini dilengkapi dengan fitur yang memungkinkan dia memprediksi kata yang akan Gadgeteers tulis, dan semakin sering Gadgeteers menggunakannya, semakin sering kata tersebut akan keluar dari prediksian iOS.

KitKat –

androidcompare(knowyourmobile.com)

Yang paling mencolok dari Android KitKat adalah, tampilan frame hitam diatas yang menjadi tidak ada. Hal itu membuatnya terlihat elegan dan terlihat lebih bersih. Seperti biasa quick access setting yang akan membawa Gadgeteers ke full setting. Bedanya dengan iOS, pada Android KitKat ini di bawah tedapat 3 tombol yang memudahkan penggunaan yaitu back, home, dan multitasking. Tombol home juga berfungsi sebagai akses ke Google Now, terus ada multitasking yang memunculkan aplikasi yang sebelumnya sudah dibuka oleh Gadgeteers.

Keyboard Android KitKat bisa dibilang sudah lebih dahulu menggunakan fitur yang memungkinkan dia memprediksikan kata yang akan Gadgeteers tulis, oleh karena itu ketika iOS 8 mempunyai fitur tersebut, para pecinta Android pantas mengatakan nothing special. 🙂

Topik Hot Lainnya:   Dampak Negatif Gadget Pada Anak Balita

2) Cloud Drive, penyimpanan online

iOS –

ios-simulator-screen-shot-2-jun-2014-18-25-06(9to5mac.com)

Surprise! iCloud yang siap berkompetisi dengan Google Drive dan aplikasi lainnya seperti Dropbox, kali ini menghadirkan iCloud Drive. Lebih lega (luas) dan dengan fungsi yang persis seperti Dropbox. Well.. Kenapa tidak seperti Google Drive?

KitKat –

google-drive(knowyourmobile.com)

Android yang hadir dengan Google Suit menghadirkan aplikasi-aplikasi built-in yang beraneka ragam, seperti Gmail, Google+, the Chrome browser, Google Maps, Google Play, Play Music, Play Moves & TV, Play Books, Play NewsStand, Play Games, Google Drive (aka Drive), Hangouts (dulunya GChat), Youtube, Photo, dan lain sebagainya. Nah semuanya bisa diakses dengan 1 account saja, praktis? Ya. Namun yang paling praktis dan memungkinkan adalah Google Drive, tidak hanya menyimpan, Gadgeteers juga dapat menulis dokumen baru dan membagikannya ke teman-teman Gadgeteers. Well.. tapi ini tidak terlalu spesial, karena sekarang Apple punya iCloud Drive.

3) Siri vs Google Now

iOS –

Siri(mashable.com)

Berkat kerja sama Apple dengan Shazam, membuat pendengaran Siri menjadi lebih tajam. Tidak hanya itu saja, kali ini Gadgeteers tidak harus menahan tombol home lama-lama untuk mengaktifkan Siri. Cukup teriakan “Hey Siri” dan tunggu beberapa saat, Siri akan menjawab. Hal tersebut mendatangkan kemudahan yang benar-benar terbayangkan! Coba ketika Gadgeteers sedang sibuk menulis dokumen misalnya, lalu membutuhkan sesuatu dari iPhone Gadgeteers, tinggal teriakan saja “Hey Siri” lalu ia akan menjawab panggilan Gadgeteers, dan Gadgeteers tanpa harus melihat layar iPhone Gadgeteers tinggal mengatakan apa yang Gadgeteers butuhkan dan Siri akan mencarikan, memanggil, atau memainkannya.

KitKat –

Google-KitKat(macworld.co.uk)

Sebenarnya antara Siri dan Google Now keduanya sama-sama bagus dan sama-sama pintar. Setelah update KitKat, Google Now menjadi semakin pintar dan pintar. Google Now juga, sama seperti Siri mempunyai voice command “Ok Google”.

Topik Hot Lainnya:   5 Aplikasi Asisten Digital Android Alternatif Siri

4) WiFi? What is WiFi? Wait… WiFi call!

iOS –

wifi(appleinsider.com)

Kali ini para pengguna iDevice tidak lagi harus khawatir dengan habisnya pulsa telpon, karena sekarang Apple menyediakan WiFi call.

KiKat –

wifi-claves-android(androidadn.com)

Android sepertinya kali ini harus mengakui, bahwa mereka kecolongan untuk yang satu ini. Walaupun sebelumnya mereka lebih dulu mengeluarkan Cloud Drive, Keyboard Features, dan lainnya. Namun untuk yang satu ini? Sepertinya Android harus mengakui bahwa mereka kecolongan 🙂

featured image via knowyourmobile.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × one =