Beranda Berita

iPhone 7 Bersaudara Lolos Uji di Indonesia

0
0

Bagi Gadgeteers penggemar produk Apple, sepertinya kesempatan untuk mendapatkan iPhone 7 bersaudara resmi di Indonesia semakin terbuka. Pasalnya perangkat terbaru dari perusahaan berlogo apel tersebut baru saja mendapatkan sertifikat uji lolos dari Balai Uji Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Kedua perangkat terbaru Apple yakni iPhone 7 dan iPhone 7 Plus masuk situs Ditjen SDPPI dengan kode masing-masing “Apple A-1788” dan “Apple A-1784”. Yang menariknya, kedua perangkat tersebut sudah menunjukan status “sertifikat dicetak”, dengan update terakhir pada 25 November 2016. Itu artinya, pintu bagi Apple untuk segera memasarkan kedua perangkat teranyarnya di Indonesia makin terbuka lebar.

ditjen-apple

Namun, bukan berarti bahwa kedua perangkat tersebut akan segera dipasarkan di Indonesia. Pasalnya disebutkan bahwa Apple masih terganjal aturan Tingkat Kandungan dalam Negeri (TKDN). Kedua ponsel terbaru mereka yakni iPhone 7 dan iPhone 7 Plus harus memenuhi TKDN. Dalam situs sertifikasi nya tertulis bahwa kedua perangkat tersebut harus menghubungi Lt. 8 GSP karena masih ada kekurangan TKDN.

Dalam hal ini, TKDN sendiri sebenarnya ditentukan oleh Kementerian Perindustrian, Kementerian Kominfo dan Ditjen SDPPI hanya bertugas menguji dan mengeluarkan sertifikasi saja. Terkait hal tersebut, tentunya Apple harus memenuhi aturan TKDN, suka atau tidak suka.

Terhitung mulai tanggal 1 Januari 2017 mendatang, vendor ponsel 4G yang ingin memasarkan produknya di Indonesia harus memenuhi tingkat TKDN sebesar 30 persen.

Beralih dari iPhone 7 bersaudara. Seri sebelumnya yang keluar lebih dahulu yakni iPhone SE dikabarkan telah mencapai SP2, artinya Apple tinggal membayar administrasi dan menunggu penerbitan sertifikat dari Ditjen SDPPI. Hanya saja sama seperti dua iPhone 7 tadi, perangkat tersebut terganjal TKDN.

Topik Hot Lainnya:   Awas. Nomor Telepon Prefix +77 Terindikasi Penipu!

via Tekno.Kompas.com
featured image via o2.co.uk
WN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

19 − 16 =