Beranda Berita

Jaringan 5G Pertama di Dunia Resmi Diluncurkan

6
0

Kurang dari setahun sejak sesumbar bakal meluncurkan jaringan 5G komersial pertama di Amerika Serikat, Verizon akhirnya secara resmi mengaktifkan layanan 5G di empat kota, yaitu di Houston, Indianapolis, Los Angeles, dan Sacramento. Verizon mengonfirmasi sudah mulai menawarkan instalasi layanan broadband Verizon 5G Home per 1 Oktober 2018 waktu setempat.

Dibangun pada standar jaringan 5G TF terbuka Verizon, Verizon 5G Home adalah generasi layanan internet broadband untuk rumah yang menyediakan Wi-Fi super cepat.

Mulusnya jalan yang dilalui Verizon tak lepas dari kebijakan negara bagian yang lebih maju dan otoritas lokal yang memang meyakini inovasi ini sebagai bagian dari visi strategis, untuk bagaimana menjadikan jaringan 5G sebagai platform untuk menarik investasi baru, mendorong laju bisnis dan layanan bagi warganya.

verizon-5g-home

Dalam penawaran perdananya, Verizon menghadirkan solusi 5G, termasuk perangkat keras yang diperlukan untuk memberikan kecepatan jaringan nirkabel generasi ke pengguna broadband rumahan. Operator ini menjanjikan kecepatan 300Mbps dengan kecepatan puncak 1Gbps, menggunakan peralatan broadband Inseego yang sudah termasuk dalam biaya bulanan. Verizon bahkan memberikan akses YouTube TV secara cuma-cuma selama tiga bulan, dan pilihan pelanggan dari Apple TV atau Google Chromecast Ultra.

Sedangkan untu sektor mobile, Verizon menjanjikan kecepatan koneksi yang 20 kali lebih cepat dari generasi 4G LTE. Dengan kecepatan ini, pengguna dapat mengunduh film beresolusi tinggi dalam hitungan detik. Tetapi, untuk menggunakan jaringan ini, pengguna butuh perangkat smartphone yang juga sudah mendukung jaringan 5G.

Sementara itu, di seberang sana AT & T, salah satu rival Verizon berencana untuk meluncurkan jaringan 5G komersil tahun ini untuk perangkat mobile, bukan Internet rumahan. Layanan ini dijanjikan bakal hadir di 12 kota, termasuk Atlanta, Charlotte, Dallas dan New Orleans.

Topik Hot Lainnya:   Lumia 535 : Windows Phone 8.1 Pertama Tanpa Nama Nokia

Sedangkan Sprint dan T-Mobile yang juga berkecimpung di bisnis serupa telah menghabiskan $40 miliar untuk membangun jaringan nirkabel 5G mereka sendiri. Tahun depan, semua operator kemungkinan bakal berlomba-lomba untuk jadi yang kedua setelah Verizon.

via marketwatch.com
WN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

three × three =